Langkah Irjen Toni Berantas TPPO dan Jumat Curhat Pantas Diapresiasi

Sabtu, 17 Juni 2023 – 16:08 WIB
Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan bersama Kapolda Jatim Irjen Toni Hermanto dalam kegiatan Jumat Curhat di Surabaya. Foto: Dokpri

jpnn.com, SURABAYA - Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan mengapresiasi kerja Kapolda Jatim Irjen Toni Hermanto dalam kegiatan Jumat Curhat dan mendindak tegas tindak pidana perdagangan orang (TPPO).

Menurut Edi, Polda Jatim terus menggencarkan Jumat Curhat kepada masyarakat setiap minggu dengan masuk ke luar kampung hingga gang.

BACA JUGA: Polri Tangkap 414 Pelaku Kejahatan TPPO, 1.314 Korban Diselamatkan

Jenderal bintang dua itu mendatangi rumah warga bersama jajaran di wilayah Jatim.

"Kami apresiasi komitmen Polda Jatim yang gencar tiap hari jumat mengelar Jumat Curhat door to door. Program Jumat Curhat ini dicanangkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dengan harapan bisa terus mendongkarak trust kepada Polri," kata Edi Hasibuan dalam keterangannya, Sabtu (17/6).

BACA JUGA: Pegawai Imigrasi Makassar Jadi Tersangka Kasus TPPO, Ternyata Ini Perannya

Menurut eks anggota Kompolnas itu, kehadiran Kapolda Jatim dan rombongan membuat masyrakat setempat terkejut.

Edi melihat warga tidak menyangka bisa bertemu dan mengobrol langsung dengan Kapolda Jatim dengan santai di rumah.

BACA JUGA: Masyarakat hingga Presiden Jokowi Apresiasi Jumat Curhat Kapolri

Berbagai keluhan disampaikan warga, mulai dari kebutuhan kesehatan hingga permintaan agar dibantu pengadaan CCTV kepada pemerintah daerah di kawasan RW setempat.

Kapolda Jatim, lanjut Edi, dalam kegiatan itu diselingi dengan membesuk warga yang sudah tahunan lumpuh karena kecelakaan.

Mendapat masukan tersebut, Kapolda Jatim meminta dokter kepolisian turun ke lokasi.

Kemudian, Irjen Toni yang didampingi Karo SDM Polda Jatim Kombes Harry Kurniawan dan Kapolrestabes Surabaya Kombes Pasma Royce berjanji akan menyampaikan permintaan warga tersebut kepada Pemerintah Kota Surabaya agar ditindaklanjuti segera.

Seusai mengunjungi warga, Irjen Toni di Polda Jatim secara simbolis menerima penghargaan Presisi Award dari Lemkapi.

Penghargaan tersebut sebagai bentuk apresiasi masyarakat kepada Polda Jatim yang gencar melaksanakan Jumat Curhat dan tegas dalam pemberantasan TPPO sesuai intruksi Presiden Jokowi dan Kapolri.

"Kami melihat Ditreskrimum Polda Jatim dan Ditkrimsus Polda Jatim serta Polres-polres bergerak celat dan telah memproses sedikitnya lima kasus TPPO," kata dia.

Akademisi Universitas Bhayangkara Jakarta itu berharap Polda Jatim dan jajaran tidak cepat puas apa yang sudah dicapai. Dia mendorong Polda Jatim terus meningkatkan pelayanan di tengah masyarakat demi Polri yang semakin baik. "Fakta di lapangan, kegiatan Jumat Curhat dan penanangan cepat TPPO berdampak terhadap peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap Polri," kata Edi Hasibuan. (Tan/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jumat Curhat, Warga Makassar Keluhkan Permasalahan Ini


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler