Sambutan Fans Seperti di Rumah

Kamis, 10 Juni 2010 – 10:34 WIB
ANTUSIAS - Para fans yang tampak antusias menyambut kedatangan tim Portugal, jelang uji coba mereka lawan Mozambik, Selasa (8/6) waktu setempat, di Johannesburg. Foto: Streeter Lecka/Getty Images/FIFA.com.

JOHANNESBURG - Para punggawa Portugal menerima sambutan yang sangat meriah ketika menjalani uji coba di Johannesburg, dini hari kemarinSekitar 25 ribu penduduk Afsel ketururan Portugal tidak hanya memadati Wanderers Stadium yang dijadikan venue pertandingan, tapi juga mendandani stadion tersebut dengan warna-warna khas Portugal, merah dan hijau

BACA JUGA: Mulai Bising dengan Vuvuzela

Sepanjang pertandingan, mereka juga menyerukan yel-yel dukungan buat Cristiano Ronaldo dkk
Pendeknya, situasi di sana membuat Portugal serasa bertanding di rumah sendiri.

"Dukungan suporter malam ini tidak bisa dipercaya

BACA JUGA: Gol Torres Bikin Lega

Benar-benar tidak bisa dipercaya
Saya tidak punya kata-kata yang bisa menggambarkan kemeriahannya," ucap pelatih Carlos Queiroz, sebagaimana dilansir situs resmi FIFA.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sangat besar kepada semua orang Portugis yang telah mendukung kami

BACA JUGA: William Gallas Ngambek

Kalaupun mereka bukan Portugis, tetap saja mereka memberikan support yang sangat besar buat anak buah sayaSo, mereka juga berhak mendapatkan ucapan terima kasih sebanyak-banyaknya," lanjut dia.

Sebagai salah satu negeri yang mempelopori penjelajahan samudera, penduduk keturunan Portugal bisa ditemukan di mana-manaTermasuk di AfrikaSelain Prancis, Portugal menjadi negara kedua yang paling banyak menjajah benua hitam tersebut.

Saat ini, diperkirakan ada sekitar 500 ribu penduduk keturunan Portugal di Afrika SelatanMeski memegang kewarganegaraan Afsel, mereka tetap menganggap Portugal sebagai tanah leluhur yang patut dijunjungMereka itulah yang datang ke Stadion Wanderers kemarin, dan memberikan dukungan penuh kepada Seleccao das Quinas, sebutan Portugal.

Tidak hanya di stadion, mereka sudah menunjukkan dukungan sejak Portugal berangkat dari kamp latihan di Bekker High SchoolDengan mobil dan motor yang dihiasi bendera-bendera Portugal, mereka berpawai mengikuti bus yang mengangkut Queiroz dan anak buahnyaTentunya, sambil membunyikan klakson dan vuvuzela.

Besarnya jumlah suporter lokal ini jelas sangat menjanjikan buat PortugalSetidaknya, mereka memiliki fans sejati sejumlah itu di AfselJika ditambah dengan fans yang datang dari Lisbon dan Porto, tentu mereka punya basis dukungan yang sangat kuat saat PD nanti.

"Ya, ada komunitas Portugal yang sangat besar di AfselDatang dan mendukung kami mungkin bagi mereka adalah hal yang menyenangkanTapi bagi kami, itu adalah kehormatan besarKami menunggu dukungan mereka di PD, dan kami tidak sabar memberikan yang terbaik buat mereka," papar defender Pedro Mendes kepada Kickoff(na)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menikmati Kemacetan di Mandela Bridge


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler