Lantik Gubernur Baru, Jokowi: Jangan Kerja di Belakang Meja

Rabu, 25 Mei 2016 – 20:02 WIB
Presiden Joko Widodo saat memberikan petikan keppres pelantikan pada para gubernur di Istana Merdeka. Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN

jpnn.com - JAKARTA—Setumpuk pekerjaan berat telah menanti para kepala daerah yang baru saja dilantik Presiden  Joko Widodo hari ini. Jokowi, sapaan Presiden, mengingatkan tugas berat yang harus dijalankan para gubernur dan wakil gubernur.

Yaitu memastikan warga di daerah cukup pangan, mendapatkan air bersih, memperoleh listrik, menikmati layanan transportasi umum yang terjangkau, serta mampu mengakses layanan pendidikan dan kesehatan dengan kualitas yang baik.

BACA JUGA: Santoso Cs Masih Gentayangan, Operasi Tinombala Diperpanjang Lagi

“Saudara-saudara juga harus mempersiapkan daerah yang saudara pimpin untuk mengahadapi era kompetisi, eras persaingan dengan semangat kerja keras, produktifitas dan inovasi,” tutur Jokowi dalam amanatnya usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/5).

Presiden juga mengingatkan, sebagai gubernur dan wakil gubernur, mereka adalah wakil pemerintah pusat di daerah. Karena itu, dalam melaksanakan pembangunan daerah, para gubernur harus berpedoman pada visi-visi presiden yang sudah tertuang dalam nawacita.

BACA JUGA: RUU Penghapusan Kekerasan Seksual Segera Masuk Prolegnas

“Dengan cara itu, kita akan bisa membangun keterpaduan, memperkuat sinergi dalam mempercepat pembangunan nasional,” tutur Presiden.

Menurut Presiden, gubernur dan wakil gubernur merupakan ujung tombak keberhasilan program-program prioritas nasional. Untuk itu, kepala daerah harus memastikan program-program prioritas nasional, termasuk kebijakan deregulasi, debirokratisasi yang telah dikeluarkan pemerintah bisa berjalan sefektif. Presiden juga berharap, para gubernur dan wakil gubernur selalu mendekatkan diri dengan warga di daerahnya.

BACA JUGA: Nazar Minta Hartanya yang Halal Dikembalikan

“Jangan bekerja di belakang meja saja. Haarus mau terjun langsung ke lapangan untuk mengurai masalah yang ada. Jadi pemimpin yang dipercaya,” pungkas Jokowi. (flo/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gelar Pertemuan Khusus di Rumah Dubes Belanda? Begini Jawaban KPK


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler