Larry Ellison, CEO Bergaji Tertinggi

Kamis, 11 Desember 2008 – 21:11 WIB
WASHINGTON - Chairman dan Chief Software Architect (CSA) Microsoft CorpBill Gates sejauh ini memang tercatat sebagai orang terkaya di dunia menurut majalah bisnis Forbes

BACA JUGA: IHSG dan Rupiah Terus Melaju

Tapi, predikat CEO (chief executive officer) bergaji tertinggi di AS justru diraih Larry Ellison.

Itulah hasil survei The Corporate Library, sebuah firma riset korporasi, atas gaji para eksekutif puncak, yang diumumkan Selasa (9/12)
Ellison, 64, CEO Oracle Corporation berada di posisi teratas setelah menerima total kompensasi USD 192 juta (sekitar Rp 2,112 triliun dengan kurs Rp 11.000 per USD) tahun lalu.

Ellison, yang juga pendiri raksasa bisnis software di Silicon Valley itu, memperoleh gaji pokok USD 1 juta (sekitar Rp 11 miliar) tahun lalu

BACA JUGA: Kurs Hambat Penurunan Harga BBM

Penghasilannya yang lain berasal dari opsi saham senilai sekitar USD 181 juta (sekitar Rp 1,99 triliun).

Pria kelahiran Manhattan, New York, pada 17 Agustus 1944 tersebut saat ini memiliki 22,59 persen saham Oracle
Kepemilikan sahamnya ditaksir senilai USD 20 miliar-USD 25 miliar

BACA JUGA: Realisasi Investasi Lebihi Target

Dia juga tercatat sebagai orang terkaya ke-14 di dunia versi majalah Forbes pada 29 Agustus laluEllison juga menjadi orang terkaya ketiga di Amerika dengan harta senilai USD 27 miliar (sekitar Rp 297 triliun).

Survei tersebut juga membeber bahwa sejumlah besar CEO perusahaan finansial termasuk di antara eksekutif puncak bergaji tertinggi meskipun sektor itu mulai diterpa krisis sejak akhir 2007 dan berlanjut sampai tahun ini.

Salah satunya adalah Angelo Mozilo yang berada di peringkat ketigaPria yang menjabat sebagai CEO Countrywide Financial (perusahaan penyedia KPR, perbankan, dan broker-dealer) sampai 1 Juli 2008 itu mendapat gaji USD 124 juta (sekitar Rp 1,364 triliun) tahun lalu.

Yang berada di peringkat kedua adalah Barry Diller, CEO IAC/InterActive, yang akhirnya dipisah menjadi lima entitas bisnisTahun lalu Diller dapat penghasilan USD 184 juta (sekitar Rp 2,024 triliun)Sebagian besar berupa opsi sahamSedangkan gaji pokoknya ''hanya'' USD 500 ribu (sekitar Rp 5,5 miliar).

Meg Whitman, yang meninggalkan eBay pada Maret 2008, berada di peringkat keempatTahun lalu perempuan yang bernama lengkap Margaret Cushing Whitman itu berpenghasilan USD 120 juta (sekitar Rp 1,32 triliun), termasuk USD 116 juta (sekitar Rp 1,276 triliun) dalam bentuk saham.

Banyak CEO di sektor finansial bergaji tertinggiSelain Mozilo, yang perusahaannya (Countrywide Financial) akhirnya diambil-alih Bank of America, daftar tersebut termasuk Lloyd Blankfein, CEO dan chairman Goldman Sachs, di peringkat sembilan dengan pendapatan USD 76 jutaLantas, Chairman dan CEO Capital One Richard Fairbank di urutan 11 (USD 73 juta) dan Richard Severin Fuld Jr., CEO Lehman Brothers yang bangkrut di peringkat ke-13 (USD 71 juta).

Laporan The Corporate Library mengungkapkan, sebagian CEO bergaji tinggi mampu membangun dan menaikkan nilai saham perusahaanTetapi, banyak pula yang gagal.

''Masuknya CEO dari enam perusahaan finansial dalam daftar (30 besar atau top 30) tersebut juga agak mengejutkanApalagi, saat sektor itu terpukul hebatHal ini terutama terjadi pada Angelo Mozilo,'' terang perusahaan tersebut.(AFP/dwi)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemerintah Menobatkan Nissan dan LG Sebagai Investor Asing Terbaik


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler