Lawan Malaysia Jadi Kunci

Sabtu, 07 Desember 2013 – 05:08 WIB

jpnn.com - NAYPYITAW - Tim basket putra Indonesia mengincar perbaikan prestasi di SEA Games XXVII Myanmar ini. Dua tahun silam di Jakarta, Merah Putih yang hanya kebagian medali perunggu, tahun ini membidik prestasi lebih baik.

Kemarin (6/12) di Training Hall Wunna Theikdi Sports Complex, Kelly Purwanto dkk sudah berlatih. Mulai latihan pukul 15.00 waktu setempat, pelatih timnas putra Tjetjep Firmansyah mengakhiri sekitar pukul 16.00.

BACA JUGA: Firman Utina Paksa DC United Telan Kekalahan

Ditemui usai latihan kemarin, Tjetjep menuturkan anak asuhnya dalam motivasi tinggi menjelang laga di SEA Games ini. Untuk SEA Games edisi ke-27 ini dibuat format setengah kompetisi untuk menentukan posisi medali emas, perak, dan perunggu.

Ada tujuh negara yang berpartisipasi di kategori putra ini. Yakni Filipina, Thailand, Indonesia, Malaysia, Singapura, Kamboja, dan tuan rumah Myanmar.

BACA JUGA: Italia-Inggris Masuk Grup Neraka

Nah, bicara mengenai jadwal pertandingan di SEA Games ini Tjetjep tak gusar. Tiga hari bertanding, istirahat sehari, tanding sekali, istirahat sehari, lalu tanding dua hari.

"Kalau saya lihat pokoknya harus fight dan fokus sejak awal di SEA Games ini kalau gak mau kecolongan start," ujar Tjetjep.

BACA JUGA: Harapkan Liga Pabrik Rutin Digelar

Pertandingan pembuka Indonesia melawan Malaysia besok (8/12) menjadi langkah penting. Kalau menang lawan Malaysia, mantan pelatih Aspac Jakarta itu berani berkata peluang medali perunggu telah terbuka.

Karakter permainan tim basket putra Malaysia sendiri sudah dalam genggaman Tjetjep. Mengandalkan para point guard untuk mendulang perolehan angka, Tjetjep menyiapkan strategi buat menyetop Malaysia.

"Pertandingan pertama selalu ada pressure tersendiri. Banyak yang bilang, kalau format setengah kompetisi ini, pertandingan perdana menentukan 50 persen kesuksesan langkah tim selanjutnya. Kita lihat saja," ucap Tjetjep.

Dijadwalkan sore ini (7/12) tim basket Indonesia akan menjajal lapangan pertandingan di Zayar Thiri Indoor Stadium. Tim putra diberi jatah latihan 45 menit di stadion yang ada di sisi utara ibukota Myanmar tersebut. (dra/ren)

Jadwal tanding Indonesia
8/12 v Malaysia
9/12 v Kamboja
10/12 v Thailand
12/12 v Singapura
14/12 v Filipina
15/12 v Myanmar

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gattuso tak Suka Wanita di Sepakbola


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler