Lebih Menarik Nyanyi Dibanding Pidato Visi-Misi

Minggu, 25 April 2010 – 22:59 WIB

JAKARTA – Cerita yang disampaikan Mendagri Gamawan Fauzi ini bisa menjadi masukan penting bagi para calon kepala daerah-wakil kepala daerah yang maju dalam pilkada 2010 iniGamawan bercerita, saat maju dalam pilkada gubernur Sumatera Barat (Sumbar) 2005 silam, hanya dua kali saja menyampaikan visi misinya sebagai calon

BACA JUGA: AM Ditantang Mundur dari Jabatan Menpora

Yakni di hadapan DPRD dan sekali di sebuah stasiun televisi.

“Saya hampir tak pernah menyampaikan visi secara terbuka
Ya hanya dua kali, yakni di TV dan di DPRD,” ujar Gamawan Fauzi di kantornya, akhir pekan lalu.

Mengapa tidak sering mengobral visi misi? Gamawan mengatakan, karena masyarakat calon pemilih lebih suka apabila dirinya bernyanyi

BACA JUGA: Bersaing Melalui Lagu

Masyarakat tidak tertarik dan bosan jika disuguhi pidato berisi visi misi calon.

“Masyarakat mengatakan kepada saya, ‘tak usahlah visi Pak’
Nyanyi saja nanti saya pilih’

BACA JUGA: Dana Pilkada Cair, Namun Utang KPU Belum Terbayar

Jadi saya lebih banyak nyanyi,” ujar Gamawan sembari tersenyum.

Gamawan mengatakan hal tersebut menanggapi Ketua Asosiasi Konsultan Politik Indonesia (AKPI) Denny JA, membandingkan persyaratan menjadi calon kepala daerah-wakil kepala daerah di Indonesia dengan persyaratan menjadi capres AS

Menurut Gamawan, kondisi masyarakat Indonesia sekarang ini, tidak bisa dibandingkan dengan kondisi masyarakat negeri yang kini dipimpin Barack Obama ituTerutama mengenai tingkat pendidikan dan kepeduliannya terhadap pemberitaan.

Disebutkan, lamanya masa mengenyam pendidikan masyarakat kita rata-rata 7 tahun di sekolahDi AS, sudah 18 tahunWarga yang baca koran, di Indonesia kurang 5 persen, di AS bisa 100 persen karena satu orang membaca dua sampai tiga koran setiap hari.

 “Bagaimana membandingkan Papua dengan AS? Bagaimana membandingkan NTT dengan AS? Bagaimana pula membandingkan Mentawai dengan AS?” kata Gamawan.

Dia mengatakan, di AS, masyarakatnya mau menyimak tayangan TV yang menyajikan pidato paparan visi-misi capres“Kalau di sini, ya memilih nonton sinetron,” ujar Gamawan.

Dalam catatan JPNN, saat pilkada Sumbar 2005, Gamawan yang berpasangan dengan Marlis Rahman, dalam setiap kampanye terbukanya lebih sering menyanyikan lagu-lagu MinangGamawan bahkan sudah meluncurkan album terbarunya sebelum memasuki masa kampanye(sam/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Serius Maju, Jupe Kunjungi Pesantren


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler