Legenda Barca Kecam soal Sponsor

Selasa, 14 Desember 2010 – 21:12 WIB
BARCELONA - Tradisi tanpa sponsor utama selama 111 tahun di Barcelona telah berakhirDi era kepemimpinan Presiden Sandro Rossel, klub berjuluk El Barca itu mengikat kontrak sponsor bernilai total 170 juta Euro atau setara Rp 1,9 triliun dengan Qatar Foundation.

Memang, Qatar Foundation bukanlah organisasi profit

BACA JUGA: Casillas Pilih Menang, Daripada 400 Laga

Namun, kali ini Barca menerima bayaran atas pemasangan logo di bagian dada
Tentu saja itu berbeda dengan keberadaan logo Unicef pada bagian dada kostum Barca sejak 2006.

Utang yang menumpuk dijadikan alasan bagi Barca untuk mengikat kesepakatan dengan Qatar Foundation

BACA JUGA: Pernikahan Tertutup Martina Hingis

"Barcelona butuh uang karena utang kami begitu besar
Lagipula, ini kesepakatan termahal dalam sepak bola," kata Javier Faus, wakil presiden Barca, seperti dikutip Goal.

Apapun alasannya, Barca telah mengakhiri tradisi yang bertahan lebih dari satu abad

BACA JUGA: Seongnam v Inter Milan: Amankan Final

Jelas saja keputusan tersebut melahirkan suara sumbang dari beberapa pihakYang paling kencang datang dari legenda Barcelona Johan Cruyff.

Menurut Cruyff, deal ini berbeda dengan kesepatakan dengan Unicef pada 2006 lalu"Kami adalah klub yang paling unik di duniaTidak ada klub yang mempertahankan kostumnya tetap bersih dari sponsor dan tetap kompetitif," kata Cruyff.

"Kami telah menjual keunikan itu hanya demi enam persen dari pendapatan kamiSaya memahami bahwa kami sekarang sedang mengalami situasi sulitNamun, kesepakatan itu menunjukkan kami kurang kreatif," cetus pria asal Belanda itu.

Bagi Cruyff, itu keputusan yang sangat vulgarKeputusan yang bikin Barca tidak ada bedanya lagi dengan klub lainnya, termasuk dengan klub rival abadinya di Spanyol Real Madrid"Apakah kalau terus berjalan buruk, kami akan memutus kontrak dengan Unicef?" sindir Cruyff.

Kalau kesepakatan dengan Unicef, selain memasang logo di kostum Barca, mereka juga menyumbangkan 1,5 juta euro atau setara Rp 17,6 miliar untuk membantu program-program UnicefMaka, dengan Qatar Foundation, Barca yang mengeruk untung.

Hanya saja, sekalipun Qatar Foundation akan menjadi sponsor utama, tapi di dada para pemain Barca nantinya logo Unicef tidak akan dihapuskanNanti kedua logo itu akan bersandingan menghiasi kostum yang dikenakan Lionel Messi dkk mulai musim depan(ham/ito/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pelatih Persebaya Pilih Fokus ke Tim


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler