Lestari Moerdijat: Kenaikan Target Wisatawan Harus Diantisipasi dengan Upaya Pelestarian

Selasa, 20 Agustus 2024 – 20:20 WIB
Wakil MPR Lestari Moerdijat. Foto: dok MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengatakan peningkatan target kedatangan wisatawan dan pelestarian cagar budaya sebagai obyek wisata harus konsisten diwujudkan dengan berbagai upaya.

Upaya tersebut salah satunya dapat diwujudkan melalui pembangunan di sektor pariwisata.

BACA JUGA: Cara Grab Indonesia Memastikan Keamanan dan Keselamatan Wisatawan

"Upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke sejumlah kawasan cagar budaya, seperti Candi Borobudur harus diantisipasi dengan berbagai upaya pelestarian yang tepat demi mewujudkan pembangunan pariwisata yang berkelanjutan," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Selasa (20/8).

Lestari menyampaikan PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney telah menjalin kerja sama dengan Thai Airways pada Senin (19/8).

BACA JUGA: Sandiaga Uno Dukung Imigrasi Menindak Tegas Wisatawan Nakal

Kerja sama tersebut dilakukan untuk meningkatkan jumlah wisatawan asing ke Yogyakarta dan Candi Borobudur, Jawa Tengah.

Dia berharap kerja sama tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan pergerakan wisatawan spiritual yang pada akhirnya mampu mendorong pengembangan destinasi pariwisata potensial di Indonesia, khususnya di Jawa Tengah.

BACA JUGA: 2 Wisatawan Hilang di Laut Garut, 1 Ditemukan Meninggal Dunia, 1 Masih Dalam Pencarian

Sebagai catatan, pemeluk agama Buddha di dunia mencapai 530 juta orang.

Adapun jumlah pemeluk Buddha di Asia sebesar 490 juta atau sekitar 92 persen dari total pemeluk agama Buddha di dunia.

Di Asia Tenggara, terdapat sekitar 120 juta pemeluk agama Buddha, dengan 64 juta di antaranya atau 53 persen berasal dari Thailand.

Menurut Lestari, agresivitas pemasaran pariwisata nasional jangan melupakan kesiapan dari kawasan dan obyek wisata yang ditawarkan dalam mengantisipasi peningkatan jumlah wisatawan.

"Destinasi wisata harus dipersiapkan secara menyeluruh mulai dari kesiapan para pelaku hingga kelestarian obyek dan lingkungan wisata," kata Rerie yang akrab disapa.

Anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu menilai kelestarian obyek wisata dengan daya tarik bangunan dan benda cagar budaya harus benar-benar diperhatikan kelestariannya.

Rerie berharap para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah mampu menjaga kelestarian sejumlah kawasan wisata agar pembangunan pariwisata yang berkelanjutan dapat diwujudkan. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler