Lihat, Jokowi Jajal Sensasi Duduk di Mobil Listrik VinFast, Lalu Berkomentar Begini

Minggu, 14 Januari 2024 – 00:06 WIB
Tangkapan layar - Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat mencoba mobil listrik produksi perusahaan otomotif Vietnam VinFast di Kota Hai Phong, Vietnam, Sabtu (13/1/2024). ANTARA/Andi Firdaus

jpnn.com, VIETNAM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke kantor VinFast di Kota Hai Phong, Vietnam, Sabtu (13/1).

Kedatangan eks Gubernur DKI Jakarta itu guna membahas terkait investasi VinFast di Indonesia.

BACA JUGA: Menperin Agus Ungkap Investasi VinFast di Indonesia, Nilainya Enggak Main-Main

Jokowi menyebut peluang investasi produsen mobil asal Vietnam itu di tanah air bisa memperkuat ekosistem kendaraan listrik nasional.

"Kami mendukung penuh rencana investasi VinFast di Indonesia. Nanti kalau ada hal-hal yang berkaitan dengan izin bisa ke menteri saya," kata Jokowi melalui Sekretariat Presiden di Jakarta, di sela kunjungannya ke Kantor VinFast, Sabtu.

BACA JUGA: VinFast Bakal Kenalkan Mobil Listrik Bulan Depan, Diklaim Lebih Murah dari Air EV

Dalam kesempatan itu, suami Iriana itu menyampaikan apresiasinya kepada Chairman VinFast Pham Nat Vuong atas rencana investasi di Indonesia.

Selain itu, Jokowi juga berkesempatan mengunjungi pabrik kendaraan VinFast sekaligus melihat berbagai proses perakitan mobil listrik, antara lain pemasangan baterai.

BACA JUGA: Masuk ke Indonesia, Vinfast Bangun Pabrik Mobil Listrik

Pria 61 tahun itu juga sempat mencoba sensasi duduk di balik kemudi mobil listrik produksi VinFast.

Jokowi menilai VinFast sebagai salah satu perusahaan otomotif yang kini sedang berkembang pesat.

"Ini merupakan industri yang perkembangannya sangat pesat dan akan berinvestasi di Indonesia secepatnya," ujar Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi berharap kehadiran VinFast di Indonesia dapat diintegrasikan dengan industri baterai listrik, sehingga membuat ekosistem kendaraan listrik nasional dapat lebih berkembang.

"Sehingga kami harapkan, apa yang sering saya sampaikan, ekosistem besarnya ini akan segera terbangun, dan Chairman dari VinFast menyampaikan akan segera memulai konstruksinya secepatnya," katanya lagi.

Turut mendampingi Presiden Jokowi saat peninjauan di VinFast yakni Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Gandi Sulistiyanto, dan Duta Besar Indonesia untuk Vietnam Denny Abdi.

Hadir juga dari pihak VinFast antara lain CEO VinGroup Nguyen Viet Quang, Deputy CEO VinFast Ph?m Nhat Quan Ang, Head of VinFast Factory Trunh Vanh Ngan, dan General Assembly Manager Hong Sia. (ddy/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bersiap Masuk ke Indonesia, VinFast Melaporkan Peningkatan Pendapatan


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler