Lihat, Kapolda Sumbar Memanggul Senjata Laras Panjang, Semua Kabur

Rabu, 22 Februari 2023 – 17:09 WIB
Kapolda Sumbar Irjen Pol. Suharyono memanggul senjata api laras panjang saat sidak ke salah satu SPBU di Sumbar. ANTARA/HO- Tangkapan Layar Instagram Polda Sumbar

jpnn.com - PADANG - Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol. Suharyono melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah SPBU, Selasa (21/2) malam.

Hal yang menarik, Irjen Suharyono terlihat memanggul sebuah senjata laras panjang.

BACA JUGA: Gandeng JSU, BP-AKR Perluas Jaringan SPBU ke Jawa Timur

"Hari ini saya sidak ke SPBU dan menemukan sepuluhb mobil yang memiliki tangki modifikasi yang mampu menampung BBM rata-rata per kendaraan seribu liter," ujar Irjen Suharyono dalam media sosial Polda Sumbar di pantau di Padang, Rabu (22/2).

Menurut Irjen Suharyono sejumlah pemilik kendaraan kabur meninggalkan kendaraan mereka saat dirinya datang ke sebuah SPBU.

BACA JUGA: DN Ditangkap Polisi saat Melintas di SPBU, Dia Membawa Barang Ini

Selain itu petugas SPBU juga ikut kabur.

"Semuanya kabur meninggalkan kendaraan dan petugas juga kabur, ini terbukti dugaan ada kerja sama petugas SPBU menjual bahan bakar bersubsidi kepada mereka," ucapnya.

BACA JUGA: Persiapan Angkutan Lebaran 2023, Kemenhub Bersama Polri & KemenPUPR Cek Jalur Pansela

Irjen Suharyono menegaskan akan menindak tegas penjualan bahan bersubsidi yang tidak sesuai peruntukan.

Dia juga akan melakukan pengembangan ke sejumlah SPBU lainnya yang melakukan aksi serupa.

Kapolda memerintahkan kapolres di seluruh jajaran di wilayah hukum Polda Sumbar agar melaksanakan operasi dan pemeriksaan di SPBU maupun di jalan-jalan jika mencurigai ada mobil dengan tangki modifikasi.

"Ini akan kami usut tuntas dan akan kami laporkan kepada pimpinan," katanya.

Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono bersama sejumlah pejabat Polda Sumbar sebelumnya berada di Jambi membantu evakuasi korban helikopter Polda Jambi yang mendarat darurat di Kerinci Jambi.

Salah seorang korban helikopter jatuh adalah Kapolda Jambi dan sejumlah personel dapat dievakuasi tim penyelamat pada Selasa (21/2) sore.

Polda Sumatera Barat sebelumnya juga mengungkap dua kasus dugaan penyalahgunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis solar yang dibeli menggunakan jerigen dari SPBU di Kabupaten Dharmasraya.

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol. Dwi Sulistyawan mengatakan penangkapan pelaku ini dilakukan di dua lokasi pada hari yang sama yakni 15 Februari 2023.

Dalam kasus pertama petugas menangkap seorang pelaku berinisial EP (33) yang ditangkap pada Rabu (15/2) di Pulau Punjung, Dharmasraya.

Pelaku ditangkap bersama barang bukti satu unit truk yang mengangkut 19 jerigen berukuran 35 liter.

Jerigen tersebut memuat BBM bersubsidi jenis Solar di SPBU Pertamina yang terletak di Jorong Parik Tarajak Sikabau, Pulau Punjung, Dharmasraya.

Kemudian tujuh unit jerigen dalam kondisi kosong yang dibawa menggunakan mobil tersebut. (Antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kabur Setelah Melakukan Penganiayaan, Pemuda di Sukabumi Ditangkap Polisi


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler