Lorenzo Menjaga Jarak Aman

Kamis, 17 Juni 2010 – 03:13 WIB
Pembalap Fiat Yamaha, Jorge Lorenzo. Foto: Shuji Kajiyama/AP.

LONDON - Balapan MotoGP musim 2010 masih belum berlangsung separo jalanTermasuk MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone akhir pekan ini, masih ada 13 balapan lagi

BACA JUGA: Madness Bersama Bintang-bintang NBL

Namun, MotoGP Inggris memegang peran penting dalam perburuan gelar juara tahun ini.

Juara bertahan Valentino Rossi dipastikan absen dalam balapan pertama di Silverstone setelah tak muncul di kalender GP kelas utama dalam 24 tahun terakhir
Pembalap Fiat Yamaha asal Italia itu masih menjalani pemulihan atas cedera patah tulang kaki kanan yang didapatnya di MotoGP Italia lalu

BACA JUGA: 14 Laga, 23 Gol, 48 Kartu

Rekan setimnya, Jorge Lorenzo bakal mewakili timnya sendiri karena Yamaha tak kunjung memilih pengganti Rossi.

Rossi diperkirakan akan absen dalam beberapa balapan
Peluangnya untuk mempertahankan gelar pun ikut menipis

BACA JUGA: Sepatu Emas, Kuncinya Xavi

Kandidat utama menuju gelar juara pun beralih ke Lorenzo yang kini berada di puncak klasemenLorenzo unggul 25 poin atas  pembalap Repsol Honda, Dani pedrosa.

Balapan di Siverstone akan berarti krusial bagi kampanye Lorenzo menuju gelar juara pertamanya di kelas premierJarak poin yang dimiliki Lorenzo dengan para rivalnya masih jauh dari amanApalagi, dengan tidak adanya Rossi di lintasan, Lorenzo menjadi bidikan utama bagi rival-rivalnya.

Dalam empat balapan yang sudah berlangsung, Lorenzo sudah menang dua kali dan dua kali pula mengakhiri lomba di posisi runner-upDengan hasil itu, dia meraup 90 poinSementaraPedrosa yang memenangkan seri terakhir di Mugello, Italia, menguntit dengan 25 poinSeperti diketahui, nilai maksimal di satu balapan adalah 25 poin.

"Tujuan saya adalah kembali meraih podiumSaya senang dengan posisi teratas yang saya dapatkanTapi saya ingin terus meningkat dan pekan ini mendapatkan langkah yang bagus untuk (Yamaha) M1 saya," tutur Lorenzo.

Lorenzo harus bisa finis di depan Pedrosa untuk memperlebar jarak poinnyaFatal baginya jika Pedrosa kembali memecundanginya atau bahkan memenangi balapanSelain jarak poin yang terpangkas, tekanan menuju jadwal yang padat bakal mempengaruhi perjalanan Lorenzo.

Di kalender MotoGP 2010, MotoGP Inggris menjadi gerbang dari jadwal padat menjelang jedah musim panasDalam tujuh pekan, para pembalap bakal menjalani lima balapanBahkan, setelah di Silverstone, para pembalap langsung bertarung di MotoGP Belanda akhir pekan berikutnyaSeperti biasa, MotoGP Belanda berlangsung di hari Sabtu waktu setempat.

Jika di Inggris Lorenzo tak mampu memperlebar jarak poin, maka dia rawan tergeser dari puncak klasemen saat balapan berlangsung di Assen, BelandaJadi, jika di Inggris motornya mendapatkan masalah, maka tak banyak waktu yang dimiliki Yamaha untuk mendapatkan perubahan menuju BelandaApalagi, faktanya Lorenzo akan berlatih sendiri, tanpa kehadiran Rossi(ady)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Berharap Pulihnya Dua Suazo


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler