Lowongan Kerja Menarik buat Kaum Perempuan

Rabu, 18 Mei 2016 – 20:35 WIB
SELEKTIF: Peserta pemilihan duta bandara sedang menjalani tes wawancara di komplek Angkasa Pura Office Building Juanda. Foto: AP I for JawaPos.com

jpnn.com - JAKARTA – PT Angkasa Pura (AP) I terus berupaya meningkatkan layanan di bandara. Salah satunya, dengan pemilihan duta bandara di Surabaya. Duta bandara tersebut akan menjadi penyambung informasi tentang bandara kepada masyarakat.

Ada 13 duta bandara yang akan dipilih. Mereka akan disebar di seluruh bandara di bawah pengelolaan PT AP I. 

BACA JUGA: Urus Daerah Perbatasan tak Cukup Lewat Pendekatan Keamanan

Duta bandara dituntut mampu memberi penjelasan tentang layanan, program yang sedang dikembangkan, serta prospek dan potensi bandara.

Calon duta tersebut mulai diseleksi kemarin. Lebih dari 20 perempuan mengikuti seleksi itu. Mereka rata-rata lulusan sarjana strata satu dari berbagai jurusan. Motivasi mengikuti eventtersebut, agar terlibat dalam promosi layanan penerbangan dalam maupun luar negeri.

BACA JUGA: PAW Andi Taufan Tiro di DPR Tinggal Tunggu Waktu

Asisten Manajer Legal dan Komunikasi PT AP I Bandara Internasional Juanda Liza Andindya menyatakan, proses seleksinya sangat ketat. 

Hanya mereka yang layak yang diterima menjadi duta bandara. Modalnya tidak hanya cantik. ’’Tapi, memiliki kecerdasan dan pemahaman tentang bandara,’’ katanya.

BACA JUGA: Ini Kata Anak Buah Megawati Soal Gelar Pahlawan untuk Pak Harto

Banyak persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi duta bandara. Antara lain, minimal lulusan diploma 3, memiliki wawasan mengenai bandara, serta menulis esai tentang bandara. Memiliki kemampuan bahasa Inggris dan Indonesia aktif juga menjadi aspek penting.

Liza yakin program tersebut banyak diminati perempuan muda sekarang. Apalagi, persyaratan yang ditetapkan tidak tergolong sulit. Namun, ada kuota yang ditetapkan sejak awal. Karena itu, akan banyak peserta yang gugur karena kalah bersaing dengan peserta lainnya.

Mereka yang terpilih menjadi duta bandara, kata Liza, dituntut mampu mengomunikasikan seluk-beluk bandara. 

Bukan hanya pelayanan penerbangan, tetapi juga yang ada di dalam bandara tersebut. Misalnya, potensi, sejarah, pertumbuhan jumlah penumpang, dan beberapa aspek lainnya.

Karena itu, duta bandara dituntut cerdas dan berpikir terbuka. Pemilihan duta bandara tersebut kali pertama digelar PT AP I. Langkah itu senada dengan program Kementerian Pariwisata. Yakni, menggunakan duta dalam mempromosikan setiap destinasi. Cara tersebut mampu menarik perhatian pengunjung

Peserta yang lolos seleksi akan diumumkan pada Kamis (19/5). Liza berharap mereka yang terpilih bisa memaksimalkan perannya. Yakni, menjadi duta untuk mempromosikan bandara dan destinasi di sekitar bandara kepada masyarakat. (riq/c20/oni/sep/JPG)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Benarkah Kunjungan KPK di Korsel Tak Ada Kaitan dengan Presiden?


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler