Lulus SMA Pengin Kuliah di Luar Negeri? Baca deh...

Kamis, 19 Januari 2017 – 12:29 WIB
Siswa siswi SMA. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Pengin kuliah di luar negeri? Bingung di negara mana? International Education Expo 2017 memberikan jawabannya.

Acara tahunan ini memberikan informasi kepada lulusan SMA yang ingin kuliah ke luar negeri.

BACA JUGA: Profesor dari Luar Negeri? Buang-buang Uang!

Mike Dwi Setiawati, Cirebon

Mau kuliah di luar negeri? Pilih ke Amerika Serikat? United Kingdom (UK) atau New Zealand? Siapapun boleh punya keinginan untuk kuliah di negara-negara tadi.

BACA JUGA: Hamdalah, Menteri Tolak Usulan Kenaikan Uang Kuliah

Misalnya saja di Amerika, ada University of Colorado, Le Cordon Bleu (US) hingga Marshal University. Mutu pendidikan yang tinggi, mempunyai standar internasional, lingkungan tinggal serta belajar yang nyaman dan aman dapat dirasakan saat menempuh pendidikan tinggi di negeri Paman Sam itu.

Biaya studi yang sangat kompetitif serta mendapatkan ijin bekerja part time 20 jam per minggu saat sekolah dan full-time 40 jam saat liburan sekolah adalah keunggulan lain kuliah di Amerika Serikat.

BACA JUGA: Pengalihan SMA/SMK Jangan Ganggu Layanan Pendidikan

Atau ada yang tertarik kuliah di United Kingdom (UK)? Pendidikan di negara UK memberikan inspirasi untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan kebebasan untuk menjadi kreatif.

Sekolah, perguruan tinggi, universitas, dan pusat pengajaran bahasa Inggris di UK memiliki standar pendidikan kelas dunia yang didukung oleh pengajar berkualitas serta fasilitas yang bermutu.

Selain itu, pendidikan di UK terkenal akan penelitian yang melibatkan para akademisi dan profesional di bidang industri terkemuka di dunia.

Keunggulan lain kuliah di UK adalah waktu studi yang singkat dibandingkan dengan negara lain, ini dikarenakan program yang lebih intensif sehingga lebih efisien dari segi waktu dan uang.

Ada pula pilihan kuliah di New Zealand. Siapa yang tidak tahu mengenai keindahan alam di New Zealand? New Zealand atau Selandia Baru adalah negara yang kaya akan keindahan alam yang dapat dilihat dari film-film box office, seperti film berjudul Lord of the Rings dan The Last Samurai.

Kondisi sosial dan ekonomi yang stabil, masyarakat dan budaya Selandia Baru yang bersifat terbuka untuk orang asing, serta peluang kerja terbuka lebar bagi lulusan Selandia Baru adalah sekian dari banyak alasan memilih kuliah di negeri kiwi itu.

Ada University of Auckland, University of Canterbury, hingga Wellington Institute of Technology (Weltec).

Bukan hanya Amerika Serikat, UK, atau New Zealand saja, siapapun dapat mengetahui informasi universitas di luar negeri seperti Australia, Cina, Malaysia, Singapura, dan Swiss lewat International Education Expo 2017 yang digelar Sun Education Group di Hotel Luxton, Cirebon, Jabar, Rabu (18/1).

Sun Education Group sebagai konsultan pendidikan luar negeri menyelenggarakan Pameran International Education Expo.

Branch Director Sun Education Cirebon, Jessica Amanda melalui Concelor Magdalena Kusumaningsih mengatakan, pihaknya akan mengarahkan dan memberikan informasi secara mendalam, tentang studi dan program kuliah di luar negeri.

"Nanti jika ada seorang siswa yang berminat kuliah di luar negeri, kita akan memberikan pengarahan dan tes minat dan bakat. Dari situ baru ketahuan sebenarnya bakat dan potensi," ujarnya.

Magdalena melanjutkan, manfaat studi di luar negeri melalui Sun Education, semua masalah perkuliahan akan diurusi, seperti masalah budget, tempat tinggal, akomodasi hingga antar jemput.

Istimewanya, pelayanan ini semuanya tidak dipungut biaya alias gratis. Sehingga masyarakat Cirebon tidak perlu khawatir atau takut untuk meminta informasi terupdate mengenai pendidikan keluar negeri kepada SUN Education Group yang ada di Jalan Pekalangan No 118, Kelurahan Pekalangan, Kecamatan Pekalipan.

Menurutnya, peningkatan jumlah siswa yang melanjutkan kuliah ke luar negeri dalam setiap tahunnya terus meningkat.

Umumnya mahasiswa Indonesia mengambil jurusan bisnis, manajemen, tehnik, dan desain. Pengunjung pemeran pun didominasi oleh anak-anak SMA.

"Ada program S1, ada juga program post graduate, seperti di Inggris menjadi terfavorit karena waktu masa studi S2 nya satu tahun sudah mendapatkan gelar Master, sehingga banyak peminatnya," ungkapnya. (RC/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Alamaak! SPP di 11 PTN Ikutan Naik


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler