Mahasiswa Bisa Jadi Pengusaha Muda, Harus Mahir di Ekonomi Digital

Minggu, 27 Maret 2022 – 22:52 WIB
Ilustrasi mahasiswa belajar manajemen dan ekonomi digital. Foto: dok PPM SoM

jpnn.com, JAKARTA - Era ekonomi digital menjadi dominan saat ini. Pesatnya teknologi dalam sektor perekonomian mendorong pergerakan ekonomi tidak hanya terbatas pada ruang dan waktu lagi. 

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dalam Outlook Persaingan 2022 juga telah memprediksi pertumbuhan ekonomi digital dalam ekosistem persaingan usaha mendatang.

BACA JUGA: Ingin Belajar Lengkap Ilmu Manajemen? PPM School of Management Bisa jadi Pilihan

Ini ditunjukkan dengan peningkatan konsumsi masyarakat melalui sistem online. Dengan kondisi ini, pelaku usaha dihadapkan pada persaingan terbuka dengan para pelaku usaha lain.

Para pengusaha penyedia jasa maupun produk dituntut untuk menjadi paling unggul. Tidak hanya untuk bersaing merebut pasar, melainkan berstrategi untuk tetap mempertahankan bisnis yang dijalani. 

BACA JUGA: 820 Orang Belajar Marketing dan Finance lewat Daring PPM

Oleh karena itu, inovasi menjadi kata kunci untuk bisa mengejar pesatnya pergerakan zaman dan beragamnya permintaan pasar masa kini.

Dibutuhkan juga kompetensi yang mumpuni dan perluasan networking untuk berstrategi dan berinovasi, selain kerja keras dan kemampuan permodalan.

BACA JUGA: PPM Manajemen Tetap Beri Inovasi Pelayanan, Dancing with The Pandemic

Untuk menjadi seorang entrepreneur, kemampuan akademis dan bekal pendidikan juga diperlukan untuk mempelajari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan bisnis, seperti marketing, operasi, keuangan, akuntansi, dan sumber daya manusia.

Tujuannya, agar saat mengembangkan bisnis di masa mendatang, ada banyak inovasi yang lahir dengan proses yang lebih terarah dan efektif.

 Oleh karena itu, PPM School of Management (PPM SoM) sebagai sekolah tinggi yang peduli terhadap perkembangan bisnis di Indonesia turut mengambil peran.

PPM SoM menggelar Program MM-Wijawiyata Manajemen Entrepreneurship (WM Entre), sebuah Program Pascasarjana bergelar Magister Manajemen yang secara khusus memberikan kesempatan belajar bisnis selama 20-24 bulan kepada  para pesertanya.

 Metode pembelajaran yang dipakai adalah praktik bisnis secara langsung. Sejalan dengan tagline-nya: Lulus Langsung Punya Bisnis!.

“Dalam program ini, PPM SoM menjamin para mahasiswa MM WM Entre dapat langsung berbisnis selepas kuliah. Selama proses belajar dan praktik, setiap mahasiswa didampingi oleh dosen pakar bisnis yang profesional dan praktisi industri. Harapannya, ada banyak entrepreneur muda yang dihasilkan dari program ini dan tentu saja tujuan akhirnya ialah untuk giat bisnis dan perekonomian Indonesia yang lebih baik di masa yang akan datang” kata Wakil Ketua Sekolah Tinggi Manajemen PPM, Ciu Heny secara daring pada 10 Maret 2022.

Sebagai sekolah tinggi dengan sistem penjaminan mutu internal terbaik di Indonesia (Kemenristekdikti-2019), PPM SoM memiliki keunggulan dalam networking di bidang manajemen dan bisnis yang sangat luas.

Terutama dengan perusahaan ataupun alumni yang berkarya di berbagai bidang. 

Oleh karena itu, kesempatan peserta WM Entre untuk membangun jejaring bisnis, yang tentunya berguna di masa mendatang, makin terbuka lebar.

Dengan kurikulum berdasarkan hasil riset terhadap stakeholders dan hasil konsultasi berbagai organisasi di Indonesia (conceptual-based best practices), peserta akan merasakan pengalaman berkuliah yang menyenangkan dan penuh manfaat.

Kurikulum yang diperoleh untuk menjadi entrepreneur yang handal sangat lengkap. Mulai dari materi dasar tentang kepemimpinan, hingga manajemen pemasaran terutama tentang perilaku konsumen yang penting dimiliki oleh para calon pengusaha muda.

Para peserta juga berkesempatan menghadiri workshop bersama praktisi profesional, yang mendukung terbukanya kesempatan berjejaring yang semakin luas.

Untuk pengusaha muda yang mau menggali dan menambah kompetensi diri dengan lebih baik lagi, Program WM Entre ini sudah bisa diakses untuk masa perkuliahan mulai April 2022 mendatang.

Pastikan Anda ikut memanfaatkan kesempatan untuk mewujudkan mimpi menjadi pengusaha muda yang inovatif berkelas dunia ini.

Ayo kuliah di PPM SoM dan bergabung bersama para calon entrepreneur muda yang luar biasa. Pendaftaran bisa diakses melalui situs ppmschool.ac.id atau kunjungi akun instagram @ppmschool untuk informasi terbaru. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler