Mahfud Sindir Lima Hakim MK karena tak Setor LHKPN

Kamis, 02 Maret 2017 – 18:39 WIB
Mahfud MD. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menyindir lima hakim Mahkamah Konstitusi (MK) karena hingga saat ini belum melapor harta kekayaannya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menurut Mahfud, jika hakim MK tidak memberikan laporan harga kekayaan penyelenggara negara (LHKPN), itu menyalahi aturan Undang-undang.

BACA JUGA: Payah! Lima Hakim MK Belum Setor LHKPN Terbaru ke KPK

"Karena menurut Undang-undang pejabat negara itu harus melaporkan dua tahun sekali," kata Mahfud di gedung KPK, Jakarta, Kamis (2/3).

Mahfud menceritakan, waktu baru menjadi ketua MK, dia sudah melapor LHKPN. Kemudian, ketika di tengah menjabat, kembali melaporkan kekayaannya.

BACA JUGA: Yusril dan Mahfud Bakal Jadi Saksi Ahli Habib Rizieq

"Ketika akan keluar saya lapor lagi. Artinya tidak sampai dua tahun lapor," katanya.

Menurut Mahfud, semua itu karena kewajiban menjalankan perintah Undang-undang. Karenanya, kalau pejabat tidak patuh melapor sama saja melanggar Undang-undang.

BACA JUGA: Sori, Prof Mahfud Ogah Jadi Ahli di Kasus Habib Rizieq

"Jadi, itu bukan contoh yang baik," tegasnya.

Jadi, Mahfud menegaskan, sesuai UU pejabat harus memperbarui laporan kekayaan setiap dua tahun sekali. Paling tidak, saat hakim itu masuk dan akan keluar di MK.

"Atau punya jabatan baru, dari hakim biasa ke hakim struktural," tegasnya.

Sebelumnya, KPK mengingatkan agar lima hakim MK yang terlambat melapor LHKPN. "Dari data saat ini ada lima hakim MK yang lewat waktu lapor LHKPN," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di kantornya, Rabu (1/3).

Febri menegaskan, hakim MK harusnya memberi contoh bagi penyelenggara negara dan hakim lainnya. Sebab, LHKPN merupakan instrumen penting dalam sistem pencegahan korupsi.

"Kami ingatkan hakim konstitusi untuk segera melapor, ini penting untuk konteks pencegahan dan penting untuk menunjukkan kepatuhan terhadap peraturan yang ada," katanya. Hanya saja Febri enggan menyebutkan nama lima hakim yang tidak patuh menyetor LHKPN itu. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mahfud Mengutip Bung Karno soal Pilih Pemimpin Seagama


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler