Manfaat Brokoli untuk Penderita Asam Urat

Selasa, 05 Maret 2019 – 16:50 WIB
ILUSTRASI. Brokoli. Foto: Laman Cheat Sheet

jpnn.com - Penderita asam urat tentunya tahu bahwa harus berhati-hati dalam memilih makanan dan tidak boleh nekat mengonsumsi makanan yang tinggi purin.

Ada pula makanan yang harus dibatasi, artinya hanya boleh dimakan dalam jumlah sedikit dan dalam frekuensi yang jarang.

BACA JUGA: Bermasalah dengan Asam Urat? Hindari Konsumsi 4 Makanan ini

Nah, salah satu makanan yang direkomendasikan untuk penderita asam urat adalah brokoli. Apa saja manfaat sayuran ini untuk asam urat?

Penyakit asam urat, atau istilah medisnya adalah artritis gout, adalah penyakit yang menyebabkan nyeri di persendian, yang bisa disertai kemerahan dan bengkak. Jika kambuh, tentu saja ini dapat mengganggu aktivitas.

BACA JUGA: Minum Susu Bikin Kambuh Asam Urat?

Asam urat adalah kondisi terjadinya penumpukan kristal monosodium urat pada sendi dan jaringan. Kristal asam urat yang berlebihan inilah yang akan menumpuk di jaringan tubuh dan menyebabkan inflamasi pada persendian.

Berdasarkan penjelasan dari dr. Alvin Nursalim, SpPD, dari KlikDokter, asam urat merupakan hasil akhir dari metabolisme purin.

BACA JUGA: Benarkah Sayuran Pahit Ampuh Usir Kanker?

Jika jumlah asam urat di dalam tubuh berlebih, kelebihannya tersebut dapat menumpuk di dalam jaringan tubuh dalam bentuk kristal monosodium urat (kristal asam urat).

“Pada tahap awal, biasanya tidak menimbulkan gejala hingga akhirnya terjadi penumpukan kristal pada berbagai organ, apalagi jika tidak diterapi dengan tepat,” jelas dr. Alvin.

Anda juga perlu mengetahui bahwa penderita asam urat berisiko mengalami berbagai macam penyakit, salah satunya adalah penyakit ginjal. Karena itu, menjaga kadar asam urat dalam batas normal sangat dianjurkan.

“Salah satu cara mengontrol kadar asam urat adalah lewat pengaturan makanan,” tegas dr. Alvin.

Manfaat brokoli untuk penderita asam urat

Dilansir dari Livestrong, brokoli diyakini baik untuk penderita asam urat. Brokoli diketahui kaya akan vitamin C, serta, serta sumber baik asam folat dan potasium. 

American Dietetic Association (ADA) mengklasifikasikan brokoli sebagai makanan fungsional karena kaya akan senyawa bioaktif seperti sulforaphane.

Tak hanya itu, brokoli adalah tambahan yang baik untuk diet penderita asam urat karena kandungan purinnya rendah.

Menurut laporan “Gout” yang disusun oleh Drs. Grahame, Simmonds and Carey, brokoli dikategorikan memiliki kadar purin yang rendah, secara spesifik dikelompokkan dengan makanan yang mengandung 50-100 mg purin per 100 gram.

Kandungan purin dikatakan tinggi jika memiliki 150-1.000 mg purin per 100 gram.(klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 6 Makanan ini Baik untuk Penderita Diabetes


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
brokoli   asam urat  

Terpopuler