Mantan Kepala BKN: PNS Lulusan SMA Masih Dibutuhkan

Jumat, 11 Maret 2016 – 18:04 WIB
PNS. Foto: ilustrasi.dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA--‎Mantan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Eko Sutrisno menegaskan, instansi pusat dan daerah masih membutuhkan PNS lulusan SMA.

Ini lantara ada jabatan-jabatan tertentu yang masih harus diisi lulusan SMA, seperti sipir, sopir, security, dan lain-lain.

BACA JUGA: Ini Alasan Akom Pilih Jogja untuk Ucapkan Ikrar

"Masa iya semua sopir dan security di-outsourching semuanya, kan tidak mungkin. Sebagai contoh, sopir menteri atau kepala badan, kan statusnya harus PNS. Kalau outsourching malah berbahaya. Demikian juga security, harus ada yang PNS karena ada hal-hal privat yang hanya bisa diketahui security PNS," beber Eko kepada JPNN, Jumat (11/3).

Dia menyebutkan, di instansi pusat jumlah PNS lulusan SMA sangat sedikit dibandingkan daerah. Meski pemerinta‎h bercita-cita meningkatkan kualifikasi dan kompetensi PNS, namun lulusan SMA untuk ditempatkan pada jabatan-jabatan tertentu masih dibutuhkan.

BACA JUGA: Daerah Jangan Bagi Rata Anggaran ke SKPD

"Mana ada lulusan diploma atau sarjana jadi sopir dan satpam. Jadi sipir dan ABK saja masih mikir-mikir," sergahnya.

Eko menyarankan pemerintah melakukan kajian komprehensif dalam penataan pegawai. Sebelum rasionalisasi pegawai diberlakukan, pemerintah harus melihat fakta-fakta di lapangan juga. Sebab di daerah masih banyak SDM yang kualifikasi pendidikannya rendah. (esy/jpnn)

BACA JUGA: Ingat, Persoalan BNN Hanya Masalah Kelembagaan

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bayang-bayang di Belakang Kasus Century


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler