Mantan Peragawati Ragukan Jokowi Bisa Tuntaskan Masalah TKI

Senin, 09 Februari 2015 – 12:21 WIB
Okky Asokawati. Foto: ist

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR dari Fraksi PPP, Okky Asokawati meragukan kunjungan Presiden Joko Widodo ke Malaysia, terkait penanganan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) bisa mengubah nasib para penyumbang devisa bagi negara itu.

"Saya tidak yakin dengan kehadiran Presiden Jokowi, akan serta-merta memperbaiki masalah TKI di Malaysia," kata Okky, Senin (9/2).

BACA JUGA: Pakai Dana Desa, Kades Diawasi BPK

Okky meragukan hal tersebut karena melihat rekrutmen, pengawasan keberangkatan dari pihak imigrasi serta pengawasan di negara penempatan khususnya Malaysia, belum sepenuhnya dilakukan dengan baik.

"Sebetulnya kalau pemerintah memang memiliki keberpihakan kepada kesejahteraan dan perlindungan TKI, maka masalah-masalah yang menyedihkan atau merendahkan martabat bangsa bisa tidak terjadi," tegas legislator asal Dapil DKI Jakarta II ini.

BACA JUGA: Pengamat Sebut PDIP Ingin Selamatkan KPK

Okky juga mengaku sudah sering meminta kepada Menaker sebelumnya, Muhaimin Iskandar, untuk membuat road map terkait rencana negara hanya akan mengirim TKI formal ke luar negeri pada tahun 2017. Namun sampai sekarang road map tersebut tidak pernah ada. Karena itu dia mengingatkan agar menteri saat ini, Hanif Dhakiri memprioritaskannya.

Mantan peragawati itu juga menilai program moratorium TKI serta pembentukan Satgas Pengawasan TKI yang sudah ada sejak era Muhaimin, belum maksimal menghentikan tindakan-tindakan yang melecehkan anak bangsa. 

BACA JUGA: Gerindra: Siapa yang Memulai Pertemuan, Samad atau PDIP?

"Langkah tersebut tidak seketika akan menyelesaikan masalah. Setelah lawatan Presiden Jokowi ke Malaysia, kalau tidak ada tindak lanjut berupa terobosan akan perlindungan dan rekrutmen CTKI, maka kunjungan tersebut tidak akan memberikan manfaat bagi nasib CTKI dan TKI," tandasnya. (fat/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hakim: BW Masih Sah Komisioner KPK


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler