Pengamat Sebut PDIP Ingin Selamatkan KPK

Senin, 09 Februari 2015 – 12:06 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Berapa pihak menilai bahwa langkah Plt Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang mengungkap manuver politik Ketua KPK Abraham Samad saat Pilpres lalu sebagai upaya untuk menyelamatkan institusi KPK. Salah satunya dilontarkan Staf pengajar Pascasarjana Politik Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Haryadi.

"Yang ingin dilakukan Hasto justru menyelamatkan institusi KPK dari berbagai bentuk penyimpangan," ujar Haryadi Senin (9/2). Menurutnya apa yang sudah dilakukan Hasto adalah berguna untuk membantu pemberantasan korupsi dapat dilakukan secara efektif

BACA JUGA: Gerindra: Siapa yang Memulai Pertemuan, Samad atau PDIP?

Jadi kata dia, kurang tepat rasanya memposisikan PDIP sebagai parpol yang anti-KPK. Kata dia, boleh jadi PDIP justru merasa beruntung tak jadi mengusung Abraham Samad sebagai cawapres yang mendampingi Jokowi. 

“Bisa jadi karena tawaran itulah yang membuat PDIP tidak terlalu firm dengan figur Samad," tutur Haryadi.

BACA JUGA: Hakim: BW Masih Sah Komisioner KPK

PDIP, kata dia,  tentu tidak menghendaki transaksi yang seperti  itu, sekalipun itu menguntungkan PDIP. Apalagi, lanjut Haryadi, Jokowi memiliki visi-misi dengan titik tekan pada revolusi mental.

Ia menilai tawaran dari  Samad tidak saja kurang sejalan etika  secara umum, tetapi juga kurang sejalan dengan  visi misi Jokowi dan platform PDIP. (mas/jpnn)

BACA JUGA: Kubu Agung Daftarkan Gugatan ke Mahkamah Partai Golkar

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sidang Dimulai, Kubu KPK dan BG Saling Tanyakan Surat Kuasa


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler