Mantan PSK Punya Minat Tinggi Berwirausaha

Rabu, 14 Agustus 2013 – 08:33 WIB

jpnn.com - SURABAYA- Pasca-penutupan lokalisasi Tambakasri, banyak eks PSK yang ingin membuka usaha sendiri. Untuk itu, mereka butuh bantuan modal.

Ketua PC Muhammadiyah Krembangan, Surabaya, Arif An mengatakan bahwa pihaknya memang memiliki program untuk membantu pengentasan eks PSK. Namun, jumlahnya sangat terbatas. Saat ini, baru 15 eks PSK yang mendapat pendampingan dan diberi modal oleh organisasi tersebut.

BACA JUGA: Tarif 17 Ruas Tol Naik Bulan Depan

"Sementara, ada sekitar 50 eks PSK yang berharap bantuan modal. Sebab, mereka juga ingin membuka usaha seperti teman-teman lainnya," paparnya.

Arif mengatakan, bantuan yang selama ini diberikan ormasnya juga tidak bisa meng-cover mereka semua. Tidak hanya itu. Setelah diberi modal, juga dipertimbangkan lokasi tempat eks PSK tersebut berwirausaha. "Ya, kami berusaha cari modal sekaligus tempat usaha. Karena nggak mudah cari lokasi usaha," paparnya.

BACA JUGA: Kemendag Usul Tambah Impor 15.000 Ton Daging

Beberapa mantan PSK yang belum mendapat pekerjaan praktis mengikuti pelatihan yang diselenggarakan LKMK (lembaga ketahanan masyarakat kelurahan). Misalnya, yang diselenggarakan baru-baru ini, yakni pembuatan keset. "Ya, daripada menganggur, kami latih mereka untuk belajar keterampilan dan beberapa di antara mereka minggu kemarin kami kirim ke Kebumen untuk belajar langsung di sana," imbuhnya.

Selain belajar keterampilan, para eks PSK itu diwajibkan mengikuti agenda pengajian rutin. Hal tersebut dilakukan guna meningkatkan spiritual mereka. Beberapa mantan PSK mulai mendalami agama. Bahkan, mereka juga belajar menjadi seorang penceramah.

BACA JUGA: Subsidi BBM Terancam Jebol

Upaya tersebut merupakan cara terbaik sambil menunggu bantuan modal atau tersedianya lokasi usaha. Arif berharap seiring berkembangnya usaha, beberapa mantan PSK yang usahanya sudah besar bisa membantu teman-temannya yang belum memiliki usaha sendiri.

"Kami juga masih sering mengunjungi tempat kos mereka. Diberi penyuluhan sekaligus tawaran. Bahwa jika ada modal dan tempat usaha, mereka akan kami bantu untuk usaha. Alhamdulillah, mereka bersedia dan menunggu tawaran kami," paparnya. (dha/c6/ai)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Peternak di Selandia Baru Nilai Langkah Dahlan Iskan Tepat


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler