Mantap! Menko Rizal Targetkan 2 Bulan Jalur Rel di Pelabuhan Tj Priok Beres

Kamis, 10 September 2015 – 14:03 WIB
Rizal Ramli. Foto: Dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli ikut ambil bagian untuk menghancurkan beton yang menutup akses jalur rel di dermaga III, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Dengan menggunakan alat mesin penghancur, Rizal mencoba memulai mengebor beton. Setelah mengebor sekitar lima kali, pria berkacamata ini langsung menyerahkan bor tersebut kepada petugas. Mantan menko perekonomian era Gusdur ini menargetkan dua bulan agar jalur rel bisa masuk di pelabuhan Tanjung Priok.

BACA JUGA: Menteri Susi Belum Ikhlas Putusan PN Ambon

"Ini harus bisa selesai dalam dua bulan," ucap Rizal usai mengebor, Kamis (10/9).

Seperti diketahui jaringan rel kereta api logistik/kontainer yang menghubungkan antara Pelabuhan Tanjung Priok dengan Pelabuhan Peti Kemas hingga Tempat Penampungan Khusus (TPK) Koja, Jakarta Utara telah tersedia. Sayangnya, rel tersebut telah mati suri, sehingga tidak bisa digunakan untuk pengangkutan kereta api logistik.

BACA JUGA: Begini Cara Menko Rizal Lampiaskan Kemarahannya pada Pelindo II

Proyek tersebut sebenarnya telah dianggarkan sejak 5 tahun lalu, namun pembangunannya baru mencapai Jalan Pasoso atau sebelum masuk ke pelabuhan. Proyek tersebut tersisa hingga 300-500 meter lagi agar bisa masuk ke Pelabuhan Tanjung Priok.

Nah dengan masuknya KA ke pelabuhan bisa membantu mempermudah mobilitas masuk keluarnya barang serta mengurangi kemacetan. "Ini bisa kita saksikan sama-sama, ulah kepentingan Pelindo II yang menutup rel. Padahal ini bisa untuk mengurangi biaya logistik, kemacetan dan jauh lebih efisien," tegas Rizal. (chi/jpnn)

BACA JUGA: DPR Minta Pemerintah Segera Tetapkan Status Bencana Nasional

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menang Praperadilan, Adik Ketua MPR Lepas dari Jerat Skandal Bansos


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler