Menteri Susi Belum Ikhlas Putusan PN Ambon

Kamis, 10 September 2015 – 13:53 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti tampak belum ikhlas atas putusan Pengadilan Negeri (PN) Ambon yang menjatuhkan hukuman ringan kepada pemilik Kapal Hai Fa. Meski terbukti melakukan illegal fishing dan merugikan negara, PN Ambon hanya mengenakan denda ratusan juta.

“Dari seluruh kasus pencurian ikan, semua pengadilan sudah sepakat untuk mengebom dan menenggelamkan kapal, tapi kita (KKP) kalah di Pengadilan Ambon. Mereka hanya didenda Rp250 juta saja. Enak sekali kan,” ujar Susi di acara Rakornas KKP di Jakarta, Kamis (10/9).

BACA JUGA: Begini Cara Menko Rizal Lampiaskan Kemarahannya pada Pelindo II

Susi menilai, denda yang dijatuhkan terlalu ringan dan tidak membuat jera pemilik kapal asing. Seharusnya kapal Hai Fa ditenggelamkan. Mereka, sambung Susi, justru akan mengambil terus ikan di perairan Indonesia karena mendapatkan hukuman yang tidak setimpal dengan hasil yang sudah mereka keruk.

“Yang dicuri lebih banyak dari hukumannya, ada 400 ton ikan nilainya Rp5 miliar, didenda cuma segitu. Kalau begini semua jadi ingin ngambil ikan di Indonesia," keluhnya.

BACA JUGA: DPR Minta Pemerintah Segera Tetapkan Status Bencana Nasional

Ke depan, menteri nyentrik ini tak mau kejadian serupa terulang. Penegakan hukum di Indonesia masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah. "Ini tidak bisa kita biarkan, karena kerugian negara (dari illegal fishing) sudah amat luar biasa,” tandas Susi.(chi/jpnn)

BACA JUGA: Menang Praperadilan, Adik Ketua MPR Lepas dari Jerat Skandal Bansos

BACA ARTIKEL LAINNYA... 49 Kg Narkoba Dimusnahkan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler