Martino Cemaskan Sektor Depan

Kamis, 01 Juli 2010 – 11:20 WIB
GEMBIRA - Para pemain Paraguay bergembira saat memastikan penalti terakhir masuk ke gawang Jepang, dalam laga di Loftus Versfeld, Pretoria, 29 Juni lalu. Foto: Michael Steele/Getty Images/FIFA.com.

JOHANNESBURG - Lolos ke perempat final Piala Dunia 2010 tidak membuat pelatih Paraguay Gerardo Martino puasSebaliknya, dia mengaku pusing atas tumpulnya lini depan pasukannya

BACA JUGA: El Pipita Belum Mikir Sepatu Emas

Adu penalti melawan Jepang di 16 Besar merupakan bukti nyata bahwa Roque Santa Cruz dkk tidak mampu memanfaatkan peluang selama 120 menit.

Pantas kalau Martino puyeng
Sebab, penampilan yang sama saat melawan Spanyol di delapan besar tidak akan menggaransi kemenangan buat tim berjuluk La Albirroja tersebut

BACA JUGA: Belanda v Brazil: Feeling Adu Penalti

Tidak seperti Jepang, David Villa dkk sangat agresif dan akan berusaha mencetak gol dalam waktu 90 menit
Jika harus menempuh babak tos-tosan pun, belum tentu mereka bisa menang, mengingat kiper Spanyol Iker Casillas sangat piawai mematahkan penalti.

"Saya tidak secara langsung menyalahkan para pemain depan untuk problem ini

BACA JUGA: Impian Taufik Dekati Kenyataan

Itu tidak adilBagaimanapun, striker membutuhkan aliran bola dari tengah untuk bisa membuka peluang," papar Martino, sebagaimana dilansir Associated Press"Kami sempat mendapat beberapa kans emas di depan gawang Jepang, tapi pertahanan mereka sangat ketat," lanjut pelatih asal Argentina itu.

Tapi, lanjut Martino, melawan Spanyol yang permainannya ofensif juga bakal menguntungkan ParaguaySebab, dengan strategi yang lebih terbuka, mereka akan lebih mudah mencari celah.

"Menurut saya, rival kami selanjutnya (Spanyol, Red) bakal membuat kami menampilkan permainan yang berbedaDalam tiga dari empat laga kami di Piala Dunia, lawan selalu menyerahkan kendali permainan kepada kami, dan itu sulit buat tim seperti kami," ulas Martino"Saya yakin, Spanyol akan lebih memberikan ruang kepada kami," lanjutnya.

Di sisi lain, kubu Spanyol berjanji tidak akan meremehkan kekuatan ParaguayMeski sekali lagi diposisikan sebagai favorit, Vicente del Bosque tidak ingin anak buahnya over-konfiden.

"Kami harus tetap memandang Paraguay dengan respekSaya yakin, laga perempat final nanti bakal lebih berat daripada 16 Besar," ungkap Del Bosque kepada AFP"Mereka punya defender yang bagusTapi para penyerangnya juga tidak kalah bagusMungkin mereka akan tetap menjalankan strategi bertahan dan mengandalkan serangan balikTapi itu pun bisa sangat berbahayaKami harus fokus dan berhati-hati," tegasnya(na)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Chris John Latihan Tertutup


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler