Marzuki Alie Berharap ASEAN Wujudkan Integritas

Sabtu, 24 September 2011 – 00:04 WIB

JAKARTA - Ketua terpilih ASEAN Inter Parliamentary Assembly (AIPA), yang juga Ketua DPR, Marzuki Alie mengajak negara-negara yang tergabung dalam AIPA berkomitmen untuk menjadikan ASEAN sebagai jangkar hubungan regional utama.

"Komitmen tersebut sangat penting untuk bersama-sama memajukan kesejahteraan masyarakat ASEAN sebagaimana yang juga tercantum dalam tema sidang umum AIPA ke 32 yang baru saja berlalu yaitu, Role of AIPA in Building a Prosperous ASEAN Community," kata Marzuki saat menyampaian pidato pertamanya selaku Ketua AIPA, di Kamboja, Jumat (23/9).

Berbagai tantangan harus dihadapi bersama demi mewujudkan integritas ASEAN dengan tiga pilarnya yaitu security community, economic community, dan socio-cultural community"Dalam hal ini AIPA perlu ikut serta mendorong ASEAN dalam memperkuat solidaritas dalam memainkan peran yang lebih besar dalam komunitas global untuk penanganan isu-isu global,” ujar Marzuki.

Dikatakannya, Indonesia mengharapkan keterlibatan seluas-luasnya stakeholders di ASEAN dan hubungan antar-masyarakat sebagai perwujudan ASEAN menjadi people centered-organization dan upaya menciptakan lingkungan yang memberikan benefit bagi masyarakat.

“Indonesia juga mengharapkan, kedepan bahwa ASEAN dapat terus memperjuangkan kemajuan dan peningkatan HAM, good governance dan demokrasi di kawasan, serta memperkecil kesenjangan kemakmuran antar-negara ASEAN

BACA JUGA: Mogok Bahas RAPBN, Banggar Dinilai Langgar UU

Hal ini kiranya dapat menjadi fokus utama bagi AIPA di masa datang,” harapnya.

Selain itu, Marzuki juga menjelaskan bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah sidang umum AIPA yang ke-33 yang rencananya akan dilaksanakan pada 16-23 September 2012 di Lombok Nusa Tenggara Barat
Sebagai tuan rumah, Indonesia sangat berharap sidang akan berlangsung sukses dan aman dengan partisipasi penuh dari seluruh anggota AIPA dan observer.

”DPR-RI dan seluruh rakyat Indonesia sangat berharap bahwa kehadiran delegasi akan membawa suasana kebersamaan yang lebih baik sekaligus Indonesia akan menyuguhkan keramahtamahan dan keberagaman potensi budaya Indonesia,” ungkapnya

BACA JUGA: Politisi PD Khawatir Sikap Banggar Berimbas ke Pemerintah

BACA JUGA: Sutiyoso Dapat Wejangan dari Sesepuh PDIP

(fas/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... DPR Curiga KPK Sedang Terbelit Masalah Hukum


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler