Masa Kuliah S1 sampai S3 Dipangkas Dua Tahun

Kamis, 16 November 2017 – 22:20 WIB
Menristekdikti Mohamad Nasir. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Masa pendidikan program S1 hingga S3 bagi mahasiswa punya kemampuan di atas rata-rata, akan dipersingkat. Bila selama ini memakan waktu sembilan tahun, mulai sekarang dipangkas dua tahun.

Menteri Riset Teknologi Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengungkapkan, normalnya pendidikan S1 delapan semester.

BACA JUGA: WCP 2017 Diikuti 84 Profesor Kelas Dunia

Namun ada mahasiswa yang ternyata bisa menyelesaikan pendidikan S1-nya dalam waktu tiga tahun. Kemudian lanjut S2 empat semester, dan S3 enam semester.

Itu sebabnya Nasir mengaku, tercetus ide untuk mempersingkat waktu kuliah bagi mahasiswa-mahasiswi dengan kemampuan akademik di atas rata-rata.

BACA JUGA: Dorong Riset Kemaritiman untuk Mengembangkan Potensi Laut

"Khusus mahasiswa yang nilai akademisnya tinggi bisa mengikuti program pendidikan S1-S3 tujuh tahun," ujarnya di Jakarta, Kamis (16/11).

Dimulai dari mahasiwa semester tujuh, bisa kuliah S2 semester 1. Semester delapan S1, kuliah semester II S2. Semester I S2 kuliah semester III S2, semester II S2 kuliah semester IV.

BACA JUGA: Mendristekdikti Dorong Unsri Ikuti Jejak Politeknik Batam

Semester III S2 kuliah semester I S3, semeater III S2 kuliah semester II S3 dan seterusnya.

"Jadi nanti S1 hanya tiga tahun, S2 satu tahun, dan S3 tiga tahun. Kalau ini jalan, perguruan tinggi bisa punya doktor-doktor muda, karena dalam usia 23-24 tahun sudah menyelesaikan program doktoral," terangnya. (esy/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menristekdikti: Surakarta Harus Jadi Destinasi Seni Wayang


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler