Masih Ada Asa untuk Posisi Ketiga

Jumat, 09 Juli 2010 – 05:48 WIB
ASA - Para pemain Uruguay seusai kekalahan dari Belanda di semifinal, 6 Juli lalu, di Cape Town. Foto: Doug Pensinger/Getty Images/FIFA.com.
KENDATI gagal merebut tiket final Piala Dunia (PD) 2010, bukan berarti Joachim Loew dan pasukannya harus langsung pulang kampungMereka tetap berada di Afrika Selatan (Afsel), karena Minggu (11/7) dini hari lusa, Philipp Lahm dkk harus melakoni laga perebutan tempat ketiga lawan Uruguay.

Meski target utama (juara dunia) melayang, tapi bukan berarti Jerman akan melepas laga tersebut

BACA JUGA: Pemain Persebaya Tuntut Gaji

Sebab, Jerman tentu tak ingin prestasi mereka pada PD 2010 lebih buruk ketimbang empat tahun silam
Di mana pada 2006, Jerman juga gagal melaju ke final, namun berhasil merebut posisi tiga besar.

Di sisi lain, Uruguay yang kembali menembus fase empat besar setelah menunggu 40 tahun, juga ingin pulang dengan membawa kebanggaan

BACA JUGA: Rossi Ingin Comeback di GP Jerman

Oleh karena itulah, laga perebutan tempat ketiga nanti diprediksi tetap berjalan seru.

"Kami harus memberikan citra yang baik seperti ketika kami bermain melawan Belanda
Kami ingin orang-orang melihat bahwa Uruguay punya ambisi bermain pada level yang sama dengan tiga tim lainnya," papar Oscar Tabarez, pelatih Uruguay, seperti dikutip Sky Sport.

"Kami akan bermain demi kebanggaan

BACA JUGA: NBL: Thoyib Ngedunk, Aspac Menang

Pertandingan perebutan posisi ketiga menjadi penting karena alasan ituIni adalah prestasi yang layak untuk dikejar," beber mantan pemain AC Milan, Cagliari dan Boca Juniors itu.

Saat melawan Jerman, Uruguay sudah bisa memainkan Luis Suarez, yang harus absen pada semifinal akibat terkena kartu merah pada perempat final melawan GhanaTapi, Jerman juga akan kembali memainkan striker muda Thomas MullerStriker Bayern Munchen itu absen di semifinal karena akumulasi kartu kuning.

Walau demikian, Jerman punya kesulitan lain terutama sehubungan dengan kondisi Miroslav KloseStriker yang berpeluang menyamai catatan gol Ronaldo selama PD - total 15 gol - itu, terancam sirna harapannya karena mengalami cedera punggung dan diperkirakan tak dapat diturunkan ketika Jerman menghadapi UruguayHal tersebut seperti disampaikan Hansi Flick, asisten pelatih Jerman.

"Klose mendapatkan masalah pada punggungnyaDia mengaku sakit setelah berduelKami hanya berharap dia segera pulih dan bisa bermain di pertandingan berikutnyaSebab, dia sangat berharap bisa main," ujar Flick, seperti dilansir AFP.

:TERKAIT Masih dari Jerman pula, sementara itu berbagai kabar pasca kegagalan di semifinal bermunculanMulai dari rencana Philipp Lahm untuk menikahi pacarnya, Claudia Schattenberg, tiga hari seusai PD nanti, hingga belum pastinya nasib Loew sebagai pelatihUntuk Loew, masalahnya kontraknya dengan Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB) memang sudah habis per 30 Juni lalu, dan hingga kini belum ada kesepakatan baru.

"Segala hal terkait dengan posisi saya, baru akan dibicarakan setelah Piala Dunia selesaiTim ini akan semakin kuat dalam dua tahun ke depan, terlepas dari siapa pun yang akan menjadi pelatihnya," komentar Loew pula, yang kini menjagokan Spanyol bakal merebut trofi PD perdananya di Afsel, seperti dilansir AFP.

Lalu, ada pula sebuah masukan dari mantan bintang Jerman, Lothar Matthaus, khususnya terhadap keberadaan kapten tak bermain Der Panzer, Michael BallackIa memberi saran agar Ballack pensiun saja dari timnas, dengan tujuan supaya beberapa pemain muda Jerman mendapat lebih banyak ruang berekspresi di lapangan hijau.

"Saya memahami betul ambisi Ballack untuk kembali ke dalam timTapi, menurut saya, sebaiknya dia pensiun dari timnasKeputusan mundur dia akan menjadi momen besarItu bisa merealisasikan tim yang lebih kuat tanpa Ballack," ujar pria berusia 49 tahun itu.

Dari Uruguay sementara itu pula, juga ada kabar terkait salah satu bintangnya, Luis SuarezPemain Ajax Amsterdam (Belanda) itu, kini kian banyak diincar beberapa klub besar EropaMeski sempat mengatakan tak tertarik untuk meninggalkan Ajax musim panas ini, pasca kandasnya Uruguay di semifinal, ia bisa jadi berpikir lagi soal kelanjutan karirnya.

"Hal pertama yang ingin saya lakukan setelah Piala Dunia adalah pergi berliburSetelah itu, kami akan tunggu dan lihat apa yang terjadi di bursa transfer," ungkap Suarez pula kepada media terbitan Belanda, De Volkskrant, seperti dikutip Goal.

Bagaimanapun itu, PD 2010 yang jelas belum resmi usai, karena masih ada dua laga tersisa yaitu perebutan tempat ketiga dan final, yang masing-masing bakal digelar berselang satu hariKhusus laga ekstra menjelang final itu, kendati sejumlah kalangan sempat menilai perebutan posisi ketiga tersebut tak perlu dilangsungkan, FIFA dengan tegas membantahnya.

"Masih ada kebanggaan yang bisa diraih pada laga ini," jelas FIFA melalui situs resmi mereka"Laga ini akan mempengaruhi rangkingUruguay saat ini menempati rangking 16Tentu, mereka berpeluang menembus 10 besar jika memenangkan laga perebutan tempat ketiga," ungkap otoritas sepakbola dunia itu pula(ham/bas/ito/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hadiah untuk Oranje dari Pangeran


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler