Masih Kurang Agresif

Rabu, 26 Mei 2010 – 13:19 WIB
PILIHAN - Kiper Inggris Joe Hart (kiri), bercanda dengan John Terry (tengah) dan David James, usai ujicoba lawan Meksiko di Wembley, Selasa (25/5) dinihari WIB kemarin. Foto: Clive Mason/Getty Images/FIFA.com.
LONDON - Inggris mampu membekuk Meksiko 3-1 di Stadion Wembley, kemarin (25/5) dinihari WIBKemenangan yang disambut suka cita oleh 88 ribu lebih fans Inggris

BACA JUGA: Traesch Perpanjang Daftar Cedera

Tapi, di bench, raut muka Fabio Capello memancarkan suasana berbeda
Pelatih Inggris itu tampak tidak terlalu antusias.

"Saya senang dengan hasil pertandingan

BACA JUGA: Menguji Formasi, Atur Strategi, Jaga Kondisi!

Meksiko merupakan tim yang secara teknik bagus
Mereka juga bermain lebih cepat, sehingga kami kesulitan merebut bola dari mereka," kata Capello, sebagaimana dilansir Sky Sports.

"Kami memang tidak akan selalu berhadapan dengan tim dengan karakter permainan seperti Meksiko

BACA JUGA: Tetap Bertaji Tanpa Messi

Namun, kami memang kurang dalam menekan lawan dan merebut bola," sambung pelatih yang baru saja menolak tawaran melatih Inter Milan itu.

Kendati berhasil melesakkan tiga gol, Inggris memang kalah dalam penguasaan bola (statistik menunjukkan 34 persen banding 66 persen, Red)Namun, tuan rumah justru mencetak dua gol lebih duluGol pertama dicetak Ledley King pada menit ke-17, yang berawal dari bola mati alias sepak pojokKing menyundul umpan heading dari Peter CrouchPada menit ke-34, giliran Crouch yang mencatatkan namanya dalam papan skor memanfaatkan bola rebound di depan gawang.

Meksiko sempat memperkecil kedudukan di akhir babak pertama via Guillermo FrancoStriker Meksiko yang merumput di West Ham United itu, memanfaatkan clearance tidak sempurna dari Leighton BainesSebelum gol Franco, El Tri - sebutan Meksiko - sempat membuang dua kesempatanTendangan Carlos Vela yang tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Robert Green itu masih bisa diblokLalu, sepakan Carlos Salcido juga membentur tiang gawang.

Sayang, Meksiko lengah di awal babak keduaGlen Johnson dengan mudah meliuk-liuk di sektor kiri pertahanan Meksiko, untuk mencetak gol ketiga Inggris pada menit ke-47"Pelatih meminta semua pemain untuk tampil lebih agresif di babak keduaDi babak pertama, kami terlalu banyak kehilangan bola," tutur Steven Gerrard, gelandang Inggris, seperti dilansir Reuters.

"Di babak kedua, saya bertukar tempat dengan James MilnerSaya merasa lebih nyaman bermain di sentral lini tengah daripada di sayap kiri," tambah Gerrard.

Seusai meladeni Meksiko, Inggris akan kembali menjalani kamp di AustriaLalu pada 30 Mei nanti, Inggris dijadwalkan melakoni ujicoba terakhir sebelum ke Piala Dunia (PD) 2010Lawannya adalah JepangLaga itu sekaligus akan menjadi seleksi terakhir untuk 23 pemain yang akan dibawa ke PD 2010.

Capello menegaskan, pemain yang terpilih dalam skuad utama ke PD adalah yang siap, baik secara fisik maupun mental"Orang banyak meragukan saya bakal fit ke Piala DuniaTapi, saya akan menunjukkan bahwa pendapat itu salahSaya sangat giat berlatih, dan saya yakin bakal tampil di Piala Dunia tanpa harus diinjeksi penahan rasa sakit lagi," urai Rio Ferdinand, kapten sekaligus defender Inggris, kepada Soccernet.

Sementara itu, Inggris sebenarnya juga masih punya tanda tanya untuk posisi kiper utamanyaSaat lawan Meksiko kemarin, mereka menurunkan kiper Robert Green sebagai starterTapi, seiring masuknya Joe Hart menggantikan Green di babak kedua, status kiper utama Inggris akhirnya jadi tanda tanyaApalagi David James, kiper lainnya, masih sengaja disimpan.

Capello memang belum memastikan siapa kiper nomor satu di Afsel nantiItu berarti James, Green, maupun Hart, bakal terlibat dalam kompetisi yang ketatJames sendiri memang berstatus kiper paling senior (49 caps), sekaligus punya pengalaman di dua PD sebelumnyaTapi, kiper berusia 39 tahun itu kerap cedera musim ini, sehingga Capello ragu dengan kebugaran fisiknya.

Ketika James cedera, Green yang diberi kepercayaan tampil tidak terlalu mengecewakanSaat melawan Meksiko kemarin misalnya, Green mencatat dua kali penyelamatan gemilang, sekalipun gawangnya harus kebobolan satu golSedangkan Hart, juga menorehkan clean sheet selama 45 menit keduaIa tidak nervous, sekalipun laga kemarin merupakan debutnya.

"Saya akan berusaha tampil konsisten apabila mendapat kepercayaan," ucap Hart yang masih berusia 23 tahun itu, seperti dilansir BBC"Pelatih (Capello) pernah mengatakan, saya harus tampil reguler di klub, agar bisa mengenakan kostum nomor satu di Piala DuniaMusim lalu, saya telah melakukannya bersama Birmingham City," sambung kiper milik Manchester City itu.

Kans Hart untuk dipercaya sebagai kiper utama memang bukan sesuatu yang mustahilPasalnya, Inggris kerap bermasalah dengan sektor di bawah mistar itu, sekalipun mempercayakannya kepada kiper berpengalamanKiper seperti David Seaman pun pernah membuat blunder saat melawan Brazil di PD 2002.

Karena itu, memberi kepercayaan kepada pemain muda bisa menjadi opsi lain bagi Three LionsSiapa tahu pemain muda justru memiliki kepercayaan diri lebih baikEmpat tahun lalu saja, atau di PD 2006, Paul Robinson juga sudah dipercaya sebagai kiper nomor satu Inggris, kendati masih tergolong hijau kala itu(dns/ito/jpnn)

Susunan Pemain Inggris vs Meksiko
Inggris (4-4-2):
Green/Hart (g/46); G.Johnson, King, Ferdinand/Carragher (46), Baines; Walcott/Lennon (77), Carrick/Huddlestone (62), Gerrard, Milner/A.Johnson (84); Rooney, Crouch/Defoe (46)
Meksiko (4-4-2):
Perez (g); Aguilar/Barrera (52), Marquez, Rodriguez, Salcido; Juarez, Osorio, Torrado, Dos Santos/Blanco (72); Franco/Hernandez (46), Vela/Guardado (62)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tertahan Tembok Ranking 117 Dunia


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler