Masyarakat Diminta Waspadai Provokasi Soal Tiket Masuk TN Komodo

Kamis, 28 Juli 2022 – 22:30 WIB
Masyarakat Diminta Waspadai Provokasi Soal Tiket Masuk TN Komodo. Foto: Kemenpar

jpnn.com, JAKARTA - Harga tiket masuk Taman Nasional (TN) Komodo yang naik hingga Rp 3,7 juta yang akan diterapkan pada 1 Agustus 2022, menuai pro dan kontra.

Namun, rencana kenaikan harga tiket TN Komodo untuk masuk Pulau Komodo dan Pulau Padar, akan jalan terus.

BACA JUGA: Tiket Masuk Pulau Komodo Rp 3,75 Juta Berlaku 1 Agustus 2022

Menparekraf Sandiaga Uno menegaskan kembali bahwa tiket mahal TN komodo ditujukan untuk pelestarian lingkungan.

"Dampak yang ingin dicapai dari pembatasan kunjungan ke Pulau Komodo dan Padar di TN Komodo adalah untuk konservasi," kata Sandiaga, belum lama ini.

BACA JUGA: Tiket Masuk TN Pulau Komodo Bernilai Rp 3,75 Juta, Begini Perinciannya

Sandiaga menyebut bahwa jika ingin melihat komodo tetap bisa dengan tiket terjangkau, yakni ke Pulau Rinca yang sudah ditata fasilitasnya.

"Di Pulau Rinca komodonya sama, mukanya sama, badannya sama, dan besarnya juga sama," ujar Sandiaga.

BACA JUGA: Bukan Tiket Masuk Taman Nasional Komodo yang Naik, Tetapi

Menurutnya, konservasi penting untuk menjaga kelestarian lingkungan dan populasi komodo di TN Komodo.

Dia mengatakan bahwa di Pulai Rinca yang sudah selesai penataannya juga merupakan habitat endemik komodo.

"Ini bapak presiden menjelaskan bahwa tidak ada kenaikan harga," kata dia.

Sandiaga juga menyinggung TN Komodo yang memiliki 142 pulau dan banyak destinasi lain yang bisa dikunjungi, dengan Labuan Bajo yang juga menjadi andalan. 

"Di sana ada pantai sering dijadikan tempat berfoto, seperti kawasan Waterfront Kampung Ujung, Marina Labuan Bajo, ada Goa Batu Cermin, ada Pantai Waicicu, Goa Rangko, Pulau Kelor dan sebagainya," bebernya.

Meski begitu, terpantau di Whatsapp Group (WAG) juga tak luput adanya reaksi dan upaya provokosi untuk menyebarkan ketakutan dan melakukan penolakan kenaikan harga tiket TN Komodo. Salah satu pesannya:

"Anggota, hati-hati ya. Orang-orangnya sangat marah, mereka sudah mengatakan "Pengadilan Rakyat". Ini sore, pergerakan akan berada di la cecile untuk undangan pemerintah itu. Dan besok mereka akan dilanjutkan. tidak tahu apa yang akan terjadi hari ini."

Sementara itu, hasil dari sosialisasi PD Flobamor adalah semua kapal dari seluruh Indonesia dan luar negeri yang masuk ke TN Komodo harus membeli membership/kontributor di travel agen lokal yang menjadi mitra PD. Flobamor.

Jasa transportasi lokal menjadi mitra PD Flobamor, sehingga setiap turis menggunakan jasa transportasi lokal, agar bisa terkontrol kualitas pelayanan. Selain itu, PNBP, PAD Pemkab dipastikan sesuai peraturan dan perundang-undangaan yang berlaku.

Sebelumnya, kabar tentang pembatasan pengunjung serta biaya kontribusi Taman Nasional Komodo belakangan beredar luas di publik. Sayangnya, kesalahan persepsi tentang hal ini turut muncul.

Harga tiket masuk Taman Nasional Komodo sebesar Rp3.750.000 per orang ini ternyata berlaku selama satu tahun dan merupakan biaya kontribusi untuk program konservasi Pulau Komodo, Pulau Padar, dan Kawasan Perairan Sekitarnya.

Dengan demikian, angka tersebut bukanlah untuk harga tiket masuk ke dalam Taman Nasional Komodo.

Pengunjung yang akan melakukan kunjungan diwajibkan melakukan registrasi dan reservasi secara online satu pintu melalui aplikasi.

Kemudian, pembatasan pengunjung melalui registrasi online serta penerapan biaya kontribusi ini akan digunakan untuk upaya konservasi.

Upaya konservasi itu mencakup manajemen kunjungan, pengelolaan sampah, pemulihan terumbu karang yang rusak, pemberdayaan masyarakat lokal, optimalisasi pengawasan dan pengamanan kawasan yaitu terkait perburuan liar.

Selain itu, pemancingan ilegal, penggunaan pukat harimau dan overfishing, serta berbagai isu dan permasalahan lain di kawasan yang mengancam habitat komodo dan ekosistem di dalamnya. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler