Material dan Logistik Pembangunan IKN Mulai Dikirim, TNI AL Dapat Perintah

Jumat, 09 September 2022 – 21:23 WIB
Perairan Teluk Balikpapan menjadi jalur laut pengiriman material dan logistik pembangunan IKN Nusantara. (ANTARA/Novi Abdi-Bagus Purwa)

jpnn.com, PENAJAM PASER UTARA - TNI AL terlibat dalam pengamanan pengiriman material dan logistik pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang lokasinya berada di sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

TNI AL tidak ingin memastikan seluruh logistik sampai tujuan dengan utuh.

BACA JUGA: 10 Pekerjaan Rumah MenPAN-RB Baru, Mulai dari Honorer K2 Hingga Pemindahan ASN ke IKN

"Pengamanan pengiriman material dan logistik untuk pembangunan IKN Nusantara itu menjadi perhatian utama kami," kata Komandan Pos TNI Angkatan Laut Penajam Peltu Mes. Suharsono di Penajam, Jumat (9/9).

Dia mengatakan pengiriman material dan logistik untuk kebutuhan pembangunan IKN Indonesia baru lebih banyak melalui jalur laut.

BACA JUGA: Dukung Hutama Karya, Petronesia Benimel Siap Bangun Jalan di IKN

Menurut Suharsono, Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Balikpapan telah memberikan perintah untuk melakukan pengamanan terhadap aktivitas kapal pengangkut material dan logistik yang berlayar menuju perairan Penajam Paser Utara.

"Pengamanan tersebut untuk memastikan tidak ada kendala terhadap pengiriman material dan logistik hingga masuk ke wilayah IKN Nusantara," ujarnya.

BACA JUGA: Ekonom: Masyarakat Lebih Butuh BBM Murah Ketimbang IKN dan Kereta Cepat

Suharsono menambahkan Pos AL Penajam diinstruksikan untuk membantu dan melancarkan aktivitas kapal pengangkut material dan logistik IKN Nusantara yang biasanya masuk wilayah setempat pada malam hari.

"Potensi kecelakaan lalu lintas transportasi umum jalur laut di perairan Teluk Balikpapan bisa diminimalisasi karena kapal pengangkut material dan logistik pembangunan IKN Indonesia baru mulai aktivitas malam hari," jelas dia.

Dia mengatakan pengamanan aktivitas kapal pengangkut material dan logistik untuk mengantisipasi terjadinya kendala dan permasalahan selama pembangunan IKN Nusantara.

Selain itu, juga agar tidak terjadi keterlambatan pengiriman material dan logistik yang dapat menghambat proses pengerjaan pembangunan Ibu Kota Indonesia yang baru. (antara/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Digandeng Pemerintah, Propan Raya Melatih Tukang Cat Khusus Pembangunan IKN


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
TNI AL   IKN   IKN Nusantara   Indonesia   Jokowi  

Terpopuler