Mau Jadi PNS Kok Mengeluh soal Syarat Swab Antigen untuk Tes CPNS

Jumat, 27 Agustus 2021 – 23:15 WIB
Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen. Foto: tangkapan layar Zoom

jpnn.com, JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengingatkan para peserta tes CPNS 2021 dan PPPK tidak mengeluhkan persyaratan yang sudah ditetapkan.

Syarat yang kini banyak dikeluhkan ialah kewajiban tes swab antigen atau PCR, serta vaksinasi khusus bagi peserta yang berdomisili di wilayah Jawa, Madura, Bali (Jamali).

BACA JUGA: Peserta Tes CPNS 2021 & PPPK Keberatan dengan Syarat Swab Antigen

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen menyatakan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CASN 2021 menetapkan persyaratan itu karena memenuhi rekomendasi Satgas Covid-19.

"BKN tidak berani melanggar ketentuan yang ditetapkan Satgas Covid-19, karena (syarat swab antigen atau PCR, red) untuk mencegah klaster baru penyebaran Covid-19," ujarnya di Jakarta, Jumat (27/8).

BACA JUGA: Peserta Tes CPNS & PPPK Dapat Fasilitas Swab Antigen, tetapi Bayar Sebegini, Alamak

Suharmen justru mempertanyakan semangat para peserta tes yang mempertanyakan syarat tersebut. Menurutnya, seorang ASN seharusnya mendukung program pemerintah dalam mengendalikan penyebaran Covid-19.

BKN, tuturnya, memberikan syarat yang memudahkan para peserta tes CPNS dan PPPK, sehingga aneh bila masih banyak yang keberatan.

BACA JUGA: Simak, Tarif Resmi Tes PCR dan Swab Antigen di Kimia Farma

"Kami justru mempertanyakan keseriusan mereka menjadi ASN. Kalau benar-benar ingin menjadi ASN mestinya ikut persyaratan itu dong," ucapnya.

Mengenai usul tentang biaya swab antigen disiapkan masing-masing instansi pelaksana seleksi, Suharmen menegaskan hal itu tidak bisa dipenuhi. Pejabat eselon I BKN itu menegaskan setiap peserta harus mengeluarkan biaya sendiri untuk swab antigen.

"Lagi pula biayanya sekarang kan sudah turun jadi sebaiknya jangan dikeluhkan lagi. Kalau serius ingin menjadi ASN, ikuti persyaratannya," kata Suharmen.(esy/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ada Informasi Penting dari BKN untuk Pelamar CASN, Baca ya!


Redaktur : Antoni
Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Tes CPNS   PPPK   ASN   Suharmen   BKN   swab antigen   tes PCR   vaksinasi  

Terpopuler