Mbah Moen Minta Dukung Jokowi

Jumat, 24 Oktober 2014 – 10:31 WIB
Wakil Ke­tua Umum PPP Emron Pangkapi. Foto: Indopos/dok.JPNN

jpnn.com - PRESIDEN Jokowi sibuk mengutak-atik calon menteri. Sedangkan di elite Partai Persatuan Pembangunan  masih memperdebatkan arahan  Ketua Majelis Syariah PPP KH Maimoen Zubair untuk mendukung pemerintah.

Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Surya­dhar­ma Ali tidak percaya  Mbah Moen -panggilan akrab KH Mai­moen Zu­bair- telah meminta agar  PPP men­­dukung peme­rin­tah Jokowi-JK.

BACA JUGA: Semua Berkesan Bersama SBY

”Itu tafsir yang salah.  Se­tahu saya beliau (Mbah Moen) ti­dak se­perti itu dalam meng­ambil ke­pu­tusan. Jadi ada hal yang perlu dilu­ruskan,’’ kata Sur­yadharma Ali.

Menanggapi hal itu, Wakil Ke­tua Umum PPP Emron Pangkapi menga­ta­kan, pihaknya tidak salah me­naf­­sirkan arahan Mbah Moen.

BACA JUGA: Yang Mengatur Pilkada ya Perppu

”Salah tafsir gimana, Mbah Moen jelas-jelas minta men­du­kung pemerintahan Jokowi. Kami me­ngikuti perkataan beliau (Mbah Moen),’’ tegas Emron Pang­kapi kepada Rakyat Mer­deka (Grup JPNN), di Jakarta, Rabu (22/10).

Berikut kutipan selengkapnya:

BACA JUGA: Lebih Elok Musyawarah Mufakat

Pihak Anda dianggap salah me­nafsirkan wejangan dari Mbah Moen, ini bagaimana?

Apanya yang salah? Dengan sangat jelas Mbah Moen me­me­rin­tahkan PPP untuk bergabung de­ngan pemerintahan. Kami ikuti perkataan beliau. Sepertinya ada pihak yang mencoba meman­faat­kan Mbah Moen.

Karena pihak ter­sebut tidak mampu menjalankan par­tai dan ber­lindung di balik na­ma Mbah Moen. Saya sarankan agar orang-orang dan tokoh PPP yang seperti itu harus segera sa­dar bahwa mereka sudah salah jalan

Muktamar di Surabaya di­ang­gap hanya akal-akalan un­tuk merapat ke Jokowi, ini ba­gaimana?

Salah jika ada tafsir seperti itu. Kami berlandaskan amar mah­ruf nahi mungkar.Tujuan PPP di­ben­tuk untuk itu. Baik di par­lemen atau legislatif. Setiap par­tai apa­pun pasti ingin men­dapatkan ke­kua­saan. PPP saat itu ditawari oleh Koalisi Indonesia Hebat (KIH) untuk gabung dengan pe­me­rintahan. Ajakan itu kami teri­ma.

Apa sudah ada pembicaraan dengan Jokowi?

Sudah. Ada beberapa kali per­te­muan dengan Jokowi dan Jusuf Kalla secara langsung. Perte­mu­an berlangsung sebelum dan se­su­dah diselenggarakan Muk­ta­mar. PPP diwakili oleh saya dan Romy (panggilan akrab Ketua Umum PPP Romahurmuziy hasil Muktamar Surabaya). Kami ber­tiga berbicara panjang lebar. De­ngan Ikhtiar membangun ko­mu­nikasi politik dengan siapapun.

Ada tawaran menjadi men­teri?

Pak Jokowi tidak menyebut hal itu. Hanya menyatakan dalam pem­bangunan Indonesia ke de­pan, tidak cukup hanya dengan satu atau dua parpol, tapi dengan banyak parpol yang saling bahu mem­bahu. Ini untuk mem­per­ce­pat pembangunan ekonomi. Rak­yat kecil segera tertolong. Ke­se­jah­teraan rakyat harus diting­kat­kan. Itu yang beliau ceritakan.

Tidak menanyakan kader yang ingin dijadikan menteri?

Kami merasa tidak pantas untuk bertanya kepada beliau. Ka­mi tidak pernah me­nyam­pai­kan hal semacam itu. Biar Pre­siden yang memilih sendiri.

Bagaimana tanggapan Anda mengenai Muktamar yang akan digelar kubu SDA?

Kami menganggap itu adalah forum silaturahmi antara be­be­rapa kader dan KH Maimoen Zu­bair (Mbah Moen, Ketua Ma­jelis Syariah PPP). Kalau meng­ada­kan Muktamar kan harus di­hadiri mayoritas pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dan De­wan Pimpinan Cabang (DPC) yang sah.

Bagaimana jika SDA ber­si­ke­ras melaksanakan Muk­ta­mar 30 Oktober mendatang?

Jika memang dilaksanakan, ini berbahaya. Sebab, Muktamar di Surabaya yang lalu itu  sudah fi­nal dan sah meskipun Surya­dhar­ma Ali tidak hadir.

Ada aturannya, bisa diwa­kil­kan oleh Waketum, Lukman Ha­kim Syaifuddin. Muktamar juga direstui oleh mahkamah partai, sehingga keabsahan sudah jelas.

Tapi kalau tetap dilaksanakan akan mempermalukan Mbah Moen jika ada kesalahan peng­am­bilan keputusan dalam muk­ta­mar tersebut. Selain itu, saya ya­kin pengurus Dewan Pimpinan Wi­layah (DPW) dan Dewan Pim­pinan Cabang (DPC) tidak akan hadir. Sebab, Muktamar di Su­ra­ba­ya dihadiri 24 DPW dan 420 DPC dari 497 DPC. ***

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kalau Ditolak Kita Pikirkan Lagi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler