Megawati Harapkan NU dan Muhammadiyah Terus Kembangkan Islam Kebangsaan

Kamis, 08 September 2016 – 21:12 WIB
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bersama mantan Ketua PP Muhamamdiyah Din Syamsuddin dan Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj pada pengukuhan pengurus Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) periode 2016-2020 di Jakarta, Kamis (8/9). Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengapresiasi kiprah dua ormas Islam di Indonesia, Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU). Menurutnya, Muhammadiyah dengan Islam Berkemajuan, serta NU dengan Islam Nusantara sejalan dengan gagasan Proklamator RI Bung Karno dalam Api Islam.

Megawati mengatakan hal itu saat mengukuhkan kepengurusan Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi)  di kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta Pusat, Kamis (8/9). Hadir di acara itu Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj dan mantan Ketum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin.

BACA JUGA: Sebentar Lagi KPK Bisa Jerat Korporasi Korupsi

Menurut Megawati, partainya berkomitmen mengembangkan nilai-nilai Islam melalui Bamusi dalam rangka membangun dan memperkukuh nilai-nilai Islam Indonesia. Bamusi adalah organisasi sayap partai di bidang keagamaan yang dibentuk oleh DPP PDI Perjuangan pada tahun 2007 yang lalu dengan melibatkan tokoh NU dan Muhammadiyah.

“Tanggung jawab Bamusi sebagai organisasi sayap PDI Perjuangan adalah membangun peradaban Islam yang sesuai dengan kepribadiaan bangsa Indonesia," kata Megawati.

BACA JUGA: Fahri Hamzah: Kenapa Arcandra Dapat, yang Lain Tidak?!

Karenanya, kata Presiden RI ke-5 itu, ia mengapresiasi upaya NU dan Muhammadiyah untuk terus berjuang mengembangkan konsep dan dakwah Islam Nusantara dan Islam Berkemajuan. Sebab, bagi PDI Perjuangan, konsep Islam Nusantara yang Berkemajuan adalah intisari dari Api Islam yang diwariskan Bung Karno.

Megawati pun menegaskan, NU dan Muhammadiyah punya kewajiban sejarah untuk bergandengan tangan dengan PDI Perjuangan melalui Bamusi guna bersama-sama memperjuangkan nilai-nilai Islam Kebangsaan. "Nilai-nilai Islam Kebangsaan yaitu Islam yang menjadi rahmat bagi segenap bangsa Indonesia tanpa terkecuali untuk tujuan kemajuan dan kemakmuran Indonesia Raya," pungkasnya.(fat/jpnn)‎

BACA JUGA: Kenangan Lama Megawati dan George Bush...

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Penting! Baca Ini Agar Tak Tertipu KPK Palsu


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler