Megawati Terima Penghargaan dari Purna Paskibraka Indonesia

Minggu, 11 November 2018 – 06:32 WIB
Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri menerima anugerah lifetime achievement award Bhakti Teratai Putra Indonesia. Fathan Sinaga

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri menerima anugerah lifetime achievement award Bhakti Teratai Putra Indonesia yang diberikan oleh Pengurus Pusat Purna Paskibraka Indonesia (PP PPI).

Ketua Umum PP PPI Gousta Feriza mengatakan, penghargaan ini sebagai bentuk pengakuan pada peran Megawati dalam perjalanan bangsa dan negara.

BACA JUGA: Hasto Puji Gerak Cepat Pemerintah Dampingi Habib Rizieq

"Ibu Mega adalah bagian dari sejarah Paskibraka itu sendiri," kata Gousta di Balai Sarbini, Semanggi, Jakarta, Sabtu (10/11).

Gousta menjelaskan, Megawati yang merupakan anggota Paskibraka 1964 itu telah menginspirasi anak-anak muda. Menurutnya, sosok seperti ketua umum PDI Perjuangan itu sangat dibutuhkan oleh bangsa.

BACA JUGA: Megawati Ajak Bangsa Asia Damaikan Semenanjung Korea

Sementara, Megawati merasa tak pantas menerima penghargaan itu. Namun, Megawati merasa pujian yang disampaikan Gousta berlebihan.

Namun demikian, Megawati berterima kasih dan mengharapkan sosoknya bisa menjadi insipirasi bagi perempuan lainnya.

BACA JUGA: Kalangan Muda Calon Pemimpin Singapura Menimba Ilmu di PDIP

Megawati mengaku sangat memimpikan perempuan Indonesia untuk meraih hal lebih dibanding apa yang sudah dilakukannya.

Menurut Megawati, selama ini perempuan Indonesia masih banyak dikungkung dan tak diberi kesempatan. Baginya, perempuan Indonesia harus bisa menunjukkan dirinya juga bisa berpretasi.

"Kita ini bukan konco wingking, tapi equal di negara ini. Republik Indonesia merupakan salah satu republik di dunia ini, yang dalam konstitusinya, langsung memerdekakan perempuan. Tak ada sebutan wanita dan laki. Yang ada, seluruh warga negara Indonesia punya hak yang sama di hadapan hukum," beber Megawati.

Megawati melanjutkan, dia sudah mendapat delapan gelar doktor honoris causa dari universitas di dalam dan luar negeri. Belum lagi dihitung dengan sejumlah penghargaan lainnya.

"Jadi kalau perempuan Indonesia itu tak mau maju, itu salah sendiri. Contohnya sudah ada. Saya. Bukan mau sombong, tapi kenapa masih saya sendiri? Ayo dong maju," imbaunya.

Di acara itu, hadir sejumlah sahabat Megawati beserta petinggi PDI Perjuangan. Seperti Sekjen Hasto Kristiyanto dan mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat. (tan/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ikhtiar Bu Mega Laksanakan Pesan Bung Karno demi Dua Korea


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler