Direktur Eksekutif Tennis Australia, Craig Tiley mengaku dirinya masih yakin jika kejuaraan tenis dunia 'Australia Open' tetap akan dimulai sesuai rencana.

Australia Open akan dimulai pada hari Senin mendatang, 8 Januari 2021, meski Melbourne mencatat satu penularan lokal COVID-19.

BACA JUGA: Sebegini Besaran Insentif Tenaga Kesehatan 2021

Virus corona menjangkit seorang pria yang bekerja di hotel yang menjadi tempat karantina petenis yang datang dari luar Australia.

Sekitar 520 pemain tenis dunia dan staf yang terlibat dalam 'Australia Open' dan sebelumnya menjalani karantina di hotel Grand Hyatt Melbourne, kini terpaksa menjalani isolasi sambil menunggu hasil tes, sebagai langkah pencegahan penyebaran COVID-19.

BACA JUGA: Benarkah Virus Corona Bisa Turunkan Kualitas Air Mani Pria?

Salah satu pertandingan pemanasan 'Australia Open' yang tadinya digelar pada hari Kamis ini terpaksa dibatalkan.

"Kita sepenuhnya yakin Australia Open akan tetap digelar," ujar Craig Tiley, Direktur Eksekutif Australia Open.

BACA JUGA: Ade Yasin Mewanti-wanti Warga Kabupaten Bogor, Jangan Sampai Lockdown

"Kita tahu ada periode saat ini yang harus dilakukan dengan 507 petenis dunia dan staf mereka. Kemungkinan ada masalah sangat kecil, kita berharap semua akan negatif setelah dites."

"Kita punya tiga dan setengah pekan untuk pertandingan tenis dan kita akan menjalankan sesuai rencana." Photo: Seorang pekerja voluntir karantina hotel di Grand Hyatt Melbourne terdeteksi positif COVID-19, menyebabkan pemerintah kembali memperketat protokol kesehatan. Hotel ini dijadikan tempat karantina bagi peserta turnamen tenis Australia Terbuka. (ABC News: Chris Le Page)

  10 kawasan di Melbourne dinyatakan 'hotspot' oleh Australia Utara

Pemerintah Kawasan Australia Utara, atau Northern Territory (NT) telah menyatakan 10 'suburb' di kota Melbourne sebagai kawasan 'hotspot' setelah satu warga Melbourne dinyatakan positif COVID-19.

Mulai 3:30 sore Waktu Australia Central, siapa pun yang tiba di NT dari kawasan Melbourne, West Melbourne, Noble Park, Keysborough, Springvale, Brighton, Wheelers Hill, Clayton South, Heatherton atau Moorabbin akan diminta untuk menjalankan

Sementara mereka dari kawasan-kawasan tersebut yang sudah di NT sejak 29 Januari juga diminta untuk langsung dites dan melakukan isolasi sampai hasilnya keluar negatif.

Negara bagian Queensland masih membuka perbatasannya dengan Victoria, tetapi meminta mereka yang baru-baru ini pulang dari Melbourne untuk dites dan diisolasi sampai hasilnya keluar.

Di New South Wales, Sydney Airport telah memberlakukan langkah-langkah pemeriksaan kesehatan untuk penerbangan yang masuk dari Melbourne.

Langkah ini dilakukan setelah Sydney dan sekitarnya sudah tidak mencatat penularan virus corona selama 18 hari berturut-turut. Photo: Penumpang pesawat dari Melbourne yang tiba di Sydney harus melewati pemeriksaan kesehatan. (ABC News)

  Melbourne perketat kembali protokol kesehatan

Negara bagian Victoria kembali memberlakukan aturan ketat pada hari Rabu malam (3/02), yakni wajib mengenakan masker saat di dalam ruangan, membatasi jumlah tamu di rumah, serta menunda rencana memperbolehkan pekerja kembali ke kantor.

Pekerja berusia 26 tahun yang dinyatakan positif COVID-19 tinggal di kawasan Noble Park.

Ia diketahui terakhir berada di Grand Hyatt pada 29 Januari. Saat selesai kerja hari itu, ia telah dites negatif, namun belakangan kembali menunjukkan gejala.

Uji pengurutan genom terhadap virus pada pria ini masih berlangsung namun Menteri Utama negara bagian Victoria Daniel Andrews menyatakan pihaknya berasumsi ini adalah varian virus corona asal Inggris.

Satu kasus ini dicatat sebagai penularan lokal di Melbourne, setelah selama 28 hari berturut-turut negara bagian Victoria tidak mencatat satu kasus pun yang didapat secara lokal.

Premier Daniel Andrews menjelasan pria ini menghadiri acara sosial dalam kapasitasnya sebagai relawan pemadam kebakaran.

Departemen Kesehatan Victoria merilis daftar lokasi yang telah didatangi pria tersebut sejak 30 Januari lalu. Mereka yang berada di lokasi dan waktu yang sama, diwajibkan menjalani tes kemudian isolasi selama 14 hari. Club Noble di Noble Park mulai pukul 14:36 ??- 15:30 pada tanggal 30 Januari Aces Sporting Club (Driving Range) di Keysborough dari pukul 10:00 - 23:15 pada tanggal 30 Januari Northpoint Café di Brighton dari jam 8:10 pagi - 9:30 pagi tanggal 31 Januari Kmart di Keysborough dari pukul 16:00 - 17:00 pada tanggal 31 Januari Kmart di Brandon Park dari 16:35 - 17:10 pada tanggal 31 Januari Coles di Springvale dari pukul 17:00 - 18:00 pada tanggal 31 Januari Bunnings di Springvale dari pukul 11:30 - 12:15 pada tanggal 1 Februari Akademi Golf di Heatherton mulai pukul 17:19 - 18:30 pada 1 Februari Lululemon, DFO di Moorabbin dari pukul 17:00 - 17:45 pada tanggal 29 Januari Woolworths di Springvale mulai pukul 18.30 - 19.30 pada 29 Januari Lokakarya Nakama di Clayton Selatan dari pukul 11:15 - 12:00 pada tanggal 1 Februari Sharetea di Springvale dari pukul 18:45 - 19:30 pada 1 Februari Kebab Kingz di Melbourne Barat dari pukul 23:24 - 00:15 pada tanggal 29 Januari Exford Hotel di Melbourne dari pukul 11:00 - 23:35 pada tanggal 1 FebruariMulai Kamis, 13 lokasi tes COVID-19 di wilayah tenggara Melbourne akan dibuka lebih awal pada pukul 8:00 dengan tambahan jalur drive-through. Lokasi tes tambahan akan dibuka di Brighton dan kampus Monash University.

Mulai Kamis, 13 lokasi tes COVID-19 di wilayah tenggara Melbourne akan dibuka lebih awal pada pukul 8:00 dengan tambahan jalur drive-through. Lokasi tes tambahan akan dibuka di Brighton dan kampus Monash University.

Artikel ini diproduksi oleh Farid M. Ibrahim

BACA ARTIKEL LAINNYA... WNI Dilarang Masuk Arab Saudi, Begini Reaksi Kemenlu RI

Berita Terkait