Melihat Wajah Irjen Iqbal, Dua Anak Penderita Rapuh Tulang Langsung Semringah

Kamis, 17 November 2022 – 18:04 WIB
Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal menyemangati dua bocah penderita kelainan tulang di Rumah Sakit Awal Bros di Ahmad Yani, Kota Pekanbaru, Kamis (17/11). Foto: Humas Polda Riau

jpnn.com, PEKANBARU - Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal menyemangati dua bocah penderita kelainan tulang di Rumah Sakit Awal Bros di Ahmad Yani, Kota Pekanbaru, Kamis (17/11).

Dua bocah itu merupakan saudara kandung, yakni M. Raihan (11) dan Fajri Rahman (7).

BACA JUGA: Ibu Rini Terenyuh, 2 Anaknya yang Berpenyakit Khusus Didatangi dan Disantuni Irjen Iqbal

Kedua bocah itu langsung sumringah begitu melihat Irjen Iqbal bersama rombongan, masuk ke dalam kamar tempat mereka dirawat.

Irjen Iqbal turut didampingi Kabid Humas Polda Riau Kombes Sunarto, dokter dari Biddokes AKBP dr Reni dan Kompol dr Firman, serta dr. Jansen yang menangani dua bocah itu.

BACA JUGA: Irjen Iqbal: Alat Ini Dibeli dari Uang Rakyat, Gunakan dengan Baik

Mantan Kapolda NTB itu sempat mengobrol dengan orang tua kedua anak lelaki tersebut, yakni Eko Suharno (59) dan Reni Angelina (43).

Disampaikan Reni, kondisi kedua anaknya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya.

BACA JUGA: Konflik Pertanahan di Riau Berjibun, DPR Turun, Irjen Iqbal Beber Jurus

"Alhamdulillah, pada waktu pertama kali saya berkunjung ke kediaman ananda Raihan dan Fajri, kami diterima dengan baik. Terus kami juga menjembatani antara ananda berdua dan keluarga dengan dokter yang merawat, yaitu dr. Jensen," ucap Irjen Iqbal.

Eks Kadiv Humas Polri itu mengatakan awalnya Raihan dan Fajri merasa takut untuk menjalani pemeriksaan dan menjalani pengobatan.

Namun berkat pendekatan sosio-psikologi yang dilakukan tim Biddokkes Polda Riau dibantu keluarga, Raihan dan Fajri mau dibawa ke rumah sakit.

"Akhirnya berhasil dibawa ke sini untuk diberikan intervensi kedokteran, terus dilakukan treatment dan tadi dokter menyampaikan sudah dilakukan beberapa treatment yang diperlukan. Tujuannya adalah penguatan tulang yang memang secara genetik tulangnya tulang kaca dan sangat rapuh," jelas Irjen Iqbal.

"Insyaallah dengan intervensi kedokteran ini semakin kuat, kami harap ananda berdua aktivitasnya bisa sempurna dan bisa melanjutkan pendidikan untuk mengejar cita-citanya. Mudah-mudahan menjadi kebanggaan kedua orang tua dan berguna bagi agama bangsa dan negara," imbuhnya.

Alumnus Akpol 1991 itu berjanji akan mengawal perawatan terhadap Raihan dan Fajri sampai sembuh.

"Saya pernah katakan tugas polisi itu adalah pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, kami juga akan memberikan informasi kepada stakeholder lainnya. Dapat kita bayangkan jika kedua ananda ini sehat dan dapat menggapai cita-citanya, ada yang mau jadi dokter, mau jadi polisi. Ini akan membantu tugas-tugas kepolisian. Niat kami yang tulus hari ini semoga menjadi amal jariah bagi kita semua," pungkasnya.

Sementara itu, dr Jansen mengungkapkan kedua pasiennya itu datang ke rumah sakit dengan kondisi ketidakmampuan untuk berjalan dan tulang sering patah.

"Jadi, setelah kami evaluasi ternyata memang ada suatu kelainan yang kami temukan mulai dari bagian kepala, bagian pada gigi dan mata, kemudian tulang. Setelah kami evaluasi, kami temukan bahwa memang kedua adik ini mengalami kelainan genetik atau kelainan bawaan, umumnya rapuh jadi seperti tulang kaca, jadi kesannya kuat, tetapi jika melakukan gerakan dia patah," ulas Jansen.

Dia berujar, pihaknya sudah memberikan penanganan, khususnya untuk penguatan tulang. Sedikit demi sedikit, tim medis melakukan perbaikan.

"Nanti untuk berikutnya, kami lakukan poengobatan secara komprehensif sehingga dapat berfungsi dengan baik. Jadi, perkembangannya harus kami pantau secara berkala. Di sini kami melakukan pengobatan tidak hanya oleh dokter tulang, tetapi ada juga dokter anak untuk nutrisinya dan dokter gizi, dan rencana selanjutnya oleh dokter THT untuk melihat kelainan genetik ini," pungkas dr Jansen.

Kunjungan Iqbal ini merupakan kedua kalinya bertemu bersama Raihan dan Fajri.

Pada Rabu (10/11) lalu, Irjen Iqbal juga sudah membesuk langsung di kediaman mereka di Jalan Sidomulyo, RT2/RW8, Kelurahan Padang Bulan, Kecamatan Senapelan.

Saat itu, Kapolda Riau menyerahkan bantuan kursi roda, bantuan sembako, serta santunan uang tunai bagi keluarga Raihan dan Fajri. (tan/jpnn)

Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal menyemangati dua bocah penderita kelainan tulang di Rumah Sakit Awal Bros di Ahmad Yani, Kota Pekanbaru, Kamis (17/11). Foto: Humas Polda Riau

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gelar Tour de Muara Takus, Irjen Iqbal Harap Ekonomi Riau Bergelora


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler