Menaker Ungkap 3 Kunci Tingkatkan Produktivitas Nasional

Rabu, 20 Desember 2017 – 21:52 WIB
Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri. Foto: dok humas

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri mengungkapkan tiga faktor penting yang memengaruhi laju peningkatan produktivitas nasional.

Tiga faktor tersebut adalah SDM, cara kerja, dan teknologi.

BACA JUGA: Kemenaker Luncurkan Lembaga Sertifikasi Profesi

"Kunci pertama adalah SDM-nya, Jika soft skill maupun hard skill SDM-nya makin baik, produktivitasnya saya yakin makin baik," ujar Menaker pada Rapat Paripurna Lembaga Produktivitas Nasional (LPN) tahun 2017, di kantor kemnaker, Jakarta Selatan, Rabu (20/12).

Kedua adalah soal cara kerja di mana kompetensi yang dimiliki didasarkan pada ilmu pengetahuan sehingga ada inovasi dan terobosan dan berpengaruh besar terhadap cara kerja.

BACA JUGA: Serikat Buruh Harus Tingkatkan Peran di Era Ekonomi Digital

"Itulah kenapa human resources saat ini bertransformasi menjadi human capital," papar Menaker.

Ketiga adalah teknologi yang terus berkembang. Menaker mencontohkan, di pabrik rokok satu mesin bisa menggantikan 4 ribu karyawan.

BACA JUGA: 122 Desa TKI Serempak Peringati Hari Pekerja Migran

Menyikapi hal itu tentu butuh pengembangan SDM yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Kedudukan LPN sebagai lembaga nonstruktural sangat penting untuk memecahkan persoalan-persoalan terkait produktivitas nasional.

Untuk diketahui, pada 2017 ini LPN berhasil menyusun draft Instruksi Presiden (Inpres) Percepatan Gerakan Nasional peningkatan produktivitas dan daya saing.

LPN juga terus mengembangkan jejaring kelembagaan gerakan nasional peningkatan produktivitas dan daya saing dengan instansi pemerintah, dunia usaha, dunia pendidikan, dan masyarakat.

Sedangkan pada 2018 mendatang, LPN akan terus mendorong terwujudnya percepatan gerakan nasional peningkatan produktivitas dan daya saing melalui Inpres dan melakukan penguatan dan pengembangan kelembagaan produktivitas di kalangan pemerintah, dunia usaha, dunia pendidikan, profesi dan masyarakat.(jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Perguruan Tinggi Diminta Siapkan Tenaga Kerja Kompeten


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler