Menakertrans Diminta Surati Presiden

Dampak ACFTA Jangan Tambah Pengangguran

Rabu, 24 Februari 2010 – 15:52 WIB
JAKARTA- Anggota komisi IX DPR RI dari Fraksi PDI-P, Nur Suhud mengatakan seharusnya pemerintah harus benar-benar menjamin Asean China Free Trade Agreement (ACFTA) tidak akan berdampak meningkatnya angka pengangguranJika tidak ada jaminan, maka Menakertrans diminta untuk segera memberikan surat rekomendasi kepada Presiden.

"Menakertrans harusnya telah siap memberikan jaminan, bahwa ACFTA tidak akan berdampak pada sector ketenagakerjaan

BACA JUGA: Kemendag Anggarkan Rp60 Miliar

Bila ternyata ada pengaruhnya, Menakertrans harus segera memberi surat rekomendasi dan minta Presiden menunda dulu ACFTA," kata Nur Suhud menjawab wartawan, Rabu (23/2) usai Rapat Dengar Pendapat dengan DPP Serikat Pekerja Nasional (SPN) di ruang rapat komisi IX DPR RI.   

Nur mengatakan, kesiapan ACFTA saat ini baru terlihat di tingkat 'elit' sementara di tingkat masyarakat kecil khususnya pekerja dan buruh, justru menimbulkan kepanikan
Pemerintah dalam hal ini seharusnya memberikan sosialisasi yang cukup kepada masyarakat dan menjamin bahwa ACFTA tidak akan berpengaruh pada tingkat perekonomian masyarakat.

"Jika tidak yakin, maka lebih baik ACFTA ditunda dulu sampai pekerja kita benar-benar siap

BACA JUGA: Dirjen Pajak Tolak Serahkan Data Pengemplang Pajak

Jangan sampai pemberlakuan ACFTA membuat angka pengangguran kita meningkat," tegas Nur Suhud.

Sementara itu, Sekretaris Umum DPP SPN, Karel Sahetapy, memperkirakan untuk mengejar ketertinggalan kualitas SDM pekerja Indonesia, ACFTA baru bisa idealnya baru mulai diberlakukan lima tahun lagi.

"Kalau mau betul-betul siap, ya sekitar lima tahun lagi
Jadi kualitas SDM kita harus disiapkan secara matang agar mampu bersaing

BACA JUGA: Menakertrans Dinilai Tak Kuasai ACFTA

Lebih baik terlambat daripada pekerja kita hanya jadi penonton ACFTAKami sangat menunggu, ada niat baik pemerintah menjalankan program peningkatan kualitas pekerjaSampai saat ini kami belum melihat ada aksi pemerintah hingga ketingkat terendah dimasyarakat," kata Karel.(afz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kemendag Target Bangun 100 Gudang SRG


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler