Menanti Gebrakan Tim Satelit

Minggu, 25 Agustus 2013 – 13:12 WIB

jpnn.com - BRNO - Ancaman dari tim-tim satelit MotoGP kian nyata dalam beberapa balapan terakhir. Meski belum mampu meraih kemenangan, tim-tim satelit membuat tim pabrikan harus menekan hingga batas terbaiknya. Hasil kualifikasi MotoGP Republik Ceko yang berlangsung di Brno, kemarin kembalai membuktikan hal itu.

Kejanggalan menyertai hasil kualifikasi. Dua pembalap dari tim satelit berada di posisi dua besar. Pembalap Yamaha Tech 3 Cal Crutchlow meraih pole position untuk balapan hari ini. Dia diikuti oleh Alvaro Bautista (Honda Gresini) yang tampil hebat sepanjang dua sesi kualifikasi.

BACA JUGA: Tevez Cetak Debut Gemilang di Serie A

Pole tersebut merupakan yang kedua bagi Crutchlow di MotoGP. Sebelumnya, dia meraih posisi start pertama di MotoGP Belanda musim ini. Tapi, menurutnya pole di Brno memiliki makna yang lebih besar baginya.

"Senang rasanya mendapatkan pole yang sebenarnya. Karena pole di Assen tak ada Jorge (Lorenzo) yang tak bisa membalap," ujar Crutchlow pada situs resmi MotoGP.

BACA JUGA: La Rosaleda Surga Barca

Ya, Lorenzo yang membela tim pabrikan Yamaha, hanya mampu menduduki posisi start kelima. Di Assen, Lorenzo mengalami kecelakaan serius di sesi latihan kedua yang membuat retak tulang selangka (collarbone) kirinya.

Di Brno, sebenarnya Lorenzo menunjukkan tanda-tanda pulih kondisi fisiknya. DIa tampil hebat dan cukup mendominasi di sesi latihan Jumat (23/8). Bahkan, juara dunia MotoGP dua kali itu sudah mampu mengalahkan duo Repsol Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa.

BACA JUGA: Pasrah Tapi Tak Terima

"Jadi, bertarung dengan baik dan jadi mesin Yamaha paling cepat mungkin jadi bagian terbaiknya. Jadi saya merasa telah memberikan usaha terbaik," tegas Crutchlow.

Dengan hasil itu, Cruthlow bisa berharap meraih hasil terbaik saat balapan. Perlu dicatat, Brno pula yang menjadi sirkuit pertama yang memberikan podium bagi Crutchlow di MotoGP. Itu terjadi pada tahun lalu saat dia meraih posisi ketiga. Hingga kini, dia sudah meraih enam kali podium.

"Setidaknya podium lagi. Kami mendapatkan peningkatan di tiap sesi latihan. Kami mengalami kesulitan di tiap sesi itu, tapi kami terus lebih baik dan lebih baik seiring berjalannya akhir pekan ini," tambahnya.

Sementara Bautista mengakui butuh lebih dari 100 persen untuk mendapatkan hasil yang didapatnya di kualifikasi. Meski sejak sesi latihan ketiga kemarin sudah merasa nyaman dengan motornya, tetap saja dia tak menyangka bakal mendapatkan posisi start di baris depan. Sebab, catatan waktunya tak kunjung mampu mengalahkan Pedrosa atau Marquez.

"Seperti sebelumnya, saya tak akan banyak berharap. Kami punya potensi tapi tetap berat menjalani pertarungan saat balapan. Saya berharap cuacanya makin baik karena itu membuat peluang terbuka bagi siapa saja," tutur Bautista.

Marquez melengkapi baris terdepan start. Sementara baris kedua diisi Pedrosa, Lorenzo dan rekan setim Crutchlow, Bradley Smith. (ady)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sriwijaya Tetap Puas Meski Imbang


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler