Mencontreng Rugikan Parpol

Senin, 15 Desember 2008 – 19:41 WIB
JAKARTA—Cara pemilihan dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2009 agak berbeda dengan Pemilu sebelumnyaJika, pada Pemilu sebelumnya para pemilih mencoblos kertas suara, tapi tidak demikian dengan Pemilu 2009 nanti

BACA JUGA: DPP Permahi : Uji Materil UU Pemilu

Karena, pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengubah cara pemilihan tersebut dalam Pemilu 2009, yakni dari mencoblos menjadi mencontreng.

Tapi, oleh mantan Ketua Umum Partai Golkar Akbar Tandjung menilai cara mencontreng ini justru akan merugikan partai politik (Parpol) peserta pemilu, jika saja cara tersebut tidak disosialisasikan oleh pihak KPU.

Karena, menurutnya penggunaan metode baru ini sangat tergantung dari sosialisasi yang dilakukan oleh penyelenggara Pemilu dalam hal ini KPU.

''Jadi, masyarakat kita sekarang harus tahu secara rinci mengenai tata cara pencontrengan
Apakah nanti yang dicontreng itu gambar saja atau gambar dan angka Parpol,'' kata Akbar Tandjung usai menjadi pembicara pada acara ''Dialog Bersama Bang Akbar'' di Akbar Tanjdung Institute di Perumahan Liga Mas Indah Blok B/A1, Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (15/12).

Dijelaskan, untuk mewujudkan sosialisasi yang baik, maka harus ditunjang pula dengan berbagai media

BACA JUGA: KPU Diminta Gandeng PPATK

Yang paling praktis, menurut Akbar, pihak KPU bisa menggunakan poster yang nantinya akan terpampang di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) lengkap dengan penjelasan tata cara pencontrengan
''Pokoknya, semua itu tergantung dari hasil sosialisasi KPU

BACA JUGA: MUI Diminta Bikin Fatwa Golput Haram

Jika KPU ingin dilihat berhasil dalam menyelenggarakan Pemilu 2009 nanti, saya yakin KPU akan semaksimal mungkin untuk melakukan sosialisasi ke masyarakat,'' ungkapnya.

Mengingat pelaksanaan sosialisasi ini membutuhkan waktu yang cukup lama, maka seyogyanya KPU mulai dari sekarang sudah melakukan sosialisasiKarena kalau tidak, dikhawatirkan sosialisasi yang dilakukan KPU tidak maksimal''Jadi, kalau bisa KPU segera manfaatkan waktu yang tersisa ini untuk melakukan sosialisasi ke masyarakat,'' ujarnya(sid/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... PPP Sambut Baik Koalisi Partai Islam


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler