Mendaftar Kuliah di Universitas Terbuka Makin Mudah, Ada Kendaraan Registrasi Keliling 

Rabu, 28 Desember 2022 – 13:49 WIB
Rektor UT Prof. Ojat Darojat M.Bus., Ph.D., saat melepas kendaraan registrasi keliling. Foto Mesya/JPNN.com

jpnn.com, TANGSEL - Terobosan terbaru diambil Universitas Terbuka (UT) dalam menggaet calon mahasiswa terutama di wilayah-wilayah yang tidak terjangkau perguruan tinggi konvensional.

UT menggandeng Bank Tabungan Negara (BTN) menambah fasilitas berupa kendaraan registrasi keliling.

BACA JUGA: Bupati Sukamara Siapkan Beasiswa S1 untuk Guru PAUD & TK Kuliah di Universitas Terbuka 

Rektor UT Prof. Ojat Darojat M.Bus., Ph.D., mengatakan fasilitas enam kendaraan registrasi keliling ini dalam upaya memberikan pelayanan terbaik kepada mahasiswanya maupun calon mahasiswa.

Dukungan dari berbagai pihak tentunya sangat dibutuhkan karena UT menjangkau yang tak terjangkau, pelosok negeri, bahkan mancanegara.

BACA JUGA: Alumni Universitas Terbuka Tembus 2 Juta, Luar Biasa!

"Salah satu dukungan kuat dari mitra diwujudkan oleh BTN yang memberikan dukungan untuk UT memanjakan mahasiswanya. Hari ini peluncuran pertama ada untuk enam kendaraan registrasi keliling," kata Prof. Ojat saat peluncuran mobil registrasi keliling UT di halaman samping Gedung Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), Rabu (28/12).

Keenam mobil ini, ujarnya, akan diberangkatkan untuk 6 Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) UT, yaitu Surabaya, Makassar, Semarang, Bandar Lampung, Samarinda, Bandung.

BACA JUGA: Rektor Universitas Terbuka Menegaskan Tak Ada Kenaikan UKT, Sebut 3 Mandat

Dua Jenis mobil yang digunakan: Isuzu NLR untuk UPBJJ Surabaya, Semarang, dan Makassar. Toyota Hilux 4x4 untuk UPBJJ Bandung, Samarinda, dan Bandar Lampung

Pada acara ini pun dilakukan simulasi proses registrasi mata kuliah hingga cetak Kartu Tanda mahasiswa Elektronik (KTME) selesai. 

Prof. Ojat menjelaskan pemilihan enam UPBJJ UT tersebut berdasarkan jumlah mahasiswanya. Keenam UPBJJ itu memiliki jumlah mahasiswa terbanyak. Selain itu, masih terdapat potensi besar untuk menggaet calon mahasiswa baru.

Setidaknya lewat enam kendaraan registrasi keliling ini, jumlah mahasiswa UT bisa mencapai 500 ribu orang. Saat ini, jumlah mahasiswa UT sekitar 420 ribu orang.

"Target besar kami 1 juta mahasiswa. Namun, untuk target tahun depan 500 ribu orang, apalagi sudah ada kendaraan registrasi keliling akan makin mendekatkan masyarakat dengan UT," terangnya.

Dia mengungkapkan dampak positif dari kendaraan registrasi keliling ini, calon mahasiswa baru maupun mahasiswa UT tidak perlu jauh-jauh lagi untuk melakukan kegiatan administrasi. Di dalam kendaraan registrasi keliling itu fasilitasnya super lengkap.

"Selain itu, dari sistem pembayaran uang kuliah, mahasiswa maupun calon mahasiswa akan lebih mudah lagi. Dengan penggunaan teknologi, semua kegiatan administrasi lebih cepat, efisien, dan aman," tambah Direktur Distribution & Funding BTN Jasmin.

Nantinya enam kendaraan registrasi keliling itu akan mulai beroperasi per 1 Januari 2023. Enam kendaraan ini sebagai bantuan perdana BTN.

"Akan kami lihat lagi perkembangannya. Bukan tidak mungkin kami akan menambah lagi fasilitas kendaraan registrasi keliling ini agar target besar UT bisa segera tercapai," ucap Jasmin.

Lebih lanjut disampaikan Prof. Ojat, tidak ada lagi alasan untuk menunda melakukan registrasi. Untuk tidak Ianjutnya, berbagai kemudahan telah diberikan UT dalam menunjang mahasiswa menuntaskan perkuliahannya di UT. 

"Selain komitmen untuk peningkatan kualitas pelayanan UT kepada mahasiswa menjadi makin baik. Kegiatan ini juga sebagai upaya meningkatkan kuantitas jumlah mahasiswa, menjangkau 1 juta mahasiswa," pungkas Prof. Ojat Darojat. (esy/jpnn)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler