Mendagri: Parpol Pengusung Jangan Repotkan Gubernur

Jumat, 17 Juni 2011 – 17:32 WIB
PALU- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi minta partai politik pendukung Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah periode 2011-2016 ikhlas menyerahkan pasangan yang mereka usung kepada masyarakatMendagri mengingatkan agar parpol pengusung itu tidak bersikap sebaliknya yang selalu bersikap merepotkan gubernur dan wakil gubernur.

Hal tersebut dikatakan Gamawan Fauzi saat melantik Longki Djanggola dan Sudarto masing-masing sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah dalam acara Rapat Paripurna Istimewa DPRD di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (17/6).

"Gubernur dan wakil gubernur yang saat ini dilantik diusung oleh banyak partai seperti Gerindra, Hanura, PKS dan PKB

BACA JUGA: Polisi Gerebek Gudang Penimbunan BBM

Karena Longki Djanggola dan Sudarto sudah dilantik maka ikhlaskan keduanya menjadi milik masyarakat Sulawesi Tengah," kata Gamawan Fauzi.

Selain meminta parpol pendukung Longki Djanggola dan Sudarto agar ikhlas melepasnya menjadi milik masyarakat, Gamawan juga berharap agar gubernur dan wakil gubernur segera melakukan konsolidasi terhadap seluruh komponen masyarakat baik di Sulawesi Tengah maupun dengan pemerintah pusat.

"Dari konsolidasi itu, kita berharap akan terbentuk satu 'orkesra' yang sangat dinamis untuk mempercepat proses menyejahterakan rakyat
Akan sulit bagi gubernur untuk bekerja jika parpol pengusung selalu menuntut balas jasa membesarkan partai," tutur mantan Gubernur Sumatera Barat itu.

Dibagian akhir pidatonya, Mendagri juga menegaskan bahwa pada acara pelantikan hari ini gubernur dan wakil gubernur bagaikan sepasang mempelai yang mendapat ucapan selamat dari semua lapisan

BACA JUGA: Suhu Dingin, Penderita Flu Meningkat

"Tapi ingat, besok gubernur dan wakil gubernur jadi pelayan masyarakat dan hari-hari berikut masyarakat menagih seluruh janji-janji yang disemai saat kampanye."

Oleh karena itu, imbuh Gamawan, dari awal-awal sekarang siapkan diri dan pasang niat yang tulus ikhlas dalam menjalankan amanah rakyat ini.

Usai pelantikan gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tengah, Ketua DPD RI Irman Gusman mengatakan Wakil Gubernur Sudarto sebelumnya adalah senator asal Sulawesi Selatan yang terbilang dedikatif dan teamwork yang cukup bagus.

"Sudarto salah satu senator terbaik karena ia tahu persis kondisi dan potensi daerah
Dengan beralihnya lahan pengabdian Sudarto dari Senayan ke Sulawesi Tengah, DPD juga menaruh harapan agar komunikasi Pemda Sulawesi Tengah dengan DPD serta pemerintah bisa lebih ditingkatkan," tukasnya.

Longki Djanggola lahir di Palu, 11 November 1952

BACA JUGA: Sudah Ada 80 Titik Api

Karirnya di PNS dari awal telah dirintis di Pemprov Sulawesi TengahBekas Bupati Parigi Moutong itu beristrikan Zalzulmida Aladin lahir di Pariaman, Sumatera Barat, 13 Agustus 1955

Sementara Sudarto, lulusan Akademi Angkatan Bersenjata tahun 1972 lahir di Nganjuk Jawa Timur, 24 April 1948Beristrikan Nurmasyita Mang, juga memiliki dua anak.(fas/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gaji ke-13 Belum Jelas


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler