Sudah Ada 80 Titik Api

Jumat, 17 Juni 2011 – 11:12 WIB

PEKANBARU- Persoalan asap akan kembali menyibukkan Pemprov RiauSeperti tahun-tahun sebelumnya, setiap masa cuaca ektrim kembali memunculkan titik panas.

Tercatat dari pantauan Satleit NOAA 16 terdapat 80 titik panas ditemukan di Riau

BACA JUGA: Gaji ke-13 Belum Jelas

Jumlah tersebut terbanyak dari seluruh provinsi di Sumatera yang terdata 120 titik api
Untuk antisipasi peluang kebakaran, Dinas Kehutanan (Dishut) Riau menurunkan lima tim pemantauan ke kabupaten Rohil, Bengkalis, Dumai, Kuansing dan Siak.

Kepala Dinas Kehutanan Riau, Zulkifli Yusuf SH menjelaskan, tim pemantauan ini bertugas mendata daerah yang berpotensi terjadi kebakaran

BACA JUGA: Tiga PNS Gugat Walikota

Seperti di wilayah hutan atau lahan kosong yang berada di lahan sulit air


"Jika sudah mendapatkan hasil pemantauan, tim pemadanan akan kita turunkan

BACA JUGA: Bupati dan Wabup Sama-sama jadi Tersangka

Karena anggaran untuk itu belum ada, kita gunakan dana pribadi terlebih dahulu,’’ujar Kepala Dinas Kehutanan Riau, Zulkifli Yusuf SH yang didampingi Kepala Bidang Pengangulangan Kebakaran hutan dan lahan, Said Nurjaya, seperti diberitakan Riau Pos (grup JPNN).

Dari data titik panas, kabupaten Rokan Hilir ditemukan terbanyak dengan 44 titik panasSelanjutnya, Bengkalis dengan 7 titik panas, Kuantan Sengigi 5 titik panas serta Dumai, Indragiri Hulu, Rokan Hulu dan Pelalawan sebanyak 4 titik panas

Sementara Pekanbaru yang terbilang aman dari titik api ditemukan 1 titik panasJumlah titik api juga meningkat dibandingkan sehari sebelumnya yang hanya ditemukan 35 titik apiTidak hanya menurunkan tim, Dishut juga mengirimkan surat edaran kepada seluruh kabupaten/kota untuk melaksankan pemantauan di daerahnya. 

Seperti pesan yang biasa disampaikan rutin setiap tahun, dia mengimbau seluruh elemen masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran dalam kondisi panas Riau saat iniDiharapkan, jika menemukan potensi kebakaran sebaiknya mengambil langkah antisipasi agar tidak terjadi kebakaran lebih besar lagi(eko/sam/jpnn)

Titik Api Sumatera : 120 Hot Spot
Titik Api Riau : 80 Hot Spot

Kabupaten/kota
Rohil     : 44
Bengkalis :  7
Siak      :  5
Dumai     :  4
Inhu      :  4
Pelelawan :  4
Rohul     :  4
Kuansing  :  5
Kampar    :  2
Pekanbaru :  1
Data Dishut Riau 2011

BACA ARTIKEL LAINNYA... NTT Didorong Jadi Provinsi Sapi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler