Mengapa Briptu Norman Ambruk?

Sabtu, 23 April 2011 – 13:52 WIB
Briptu Norman Kamaru dirawat di sebuah Rumah Sakit di Gorontalo. Foto: Dok.JPNN

AWAM bertanya, mengapa Briptu Norman Kamaru, yang juga seorang anggota Brimob itu, bisa ambruk dan dirawat di rumah sakit? Dr.HAri Fahrial Syam SpPD-KGEH,MMB memberikan uraian mengenai pemicu tubuh selebritis dadakan itu bisa lunglai dan terpaksa diinfus

BACA JUGA: Autis Bukan Penyakit

"Briptu Norman tetap adalah seorang manusia yang butuh makan, minum dan istirahat," kata Ari Fahrial Syam, dalam keterangannya yang dikirim ke JPNN, Sabtu (23/4).

Menurut pakar dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM itu, dua minggu selama di Jakarta dengan makan dan minum yang tidak teratur dan serta istirahat yang kurang telah membuat fisik Norman ambruk
Selain itu sebagai seorang polisi, olah raga secara teratur pasti dijalaninya sehari-hari

BACA JUGA: Dot Meracuni Anak

Di mana hal ini tidak mungkin dilakukan karena jadwal yang padat selama beliau berada di Jakarta.

"Puncak penurunan kesehatan adalah saat beliau pulang kampung ke Gorantalo, fisik yang sudah kelelahan ditutup dengan penyambutan yang luar biasa saat beliau pulang kampung, telah membuat fisik Briptu Norman ambruk
Sehingga beliau perlu mendapatkan perawatan RS dan perlu mendapat infus," terang Ari.

Lebih lanjut dijelaskan, secara psikis perubahan yang 180 derajat ini jelas menjadikan stress tersendiri buat Briptu Norman

BACA JUGA: Beras Berjamur Sebabkan Kanker Hati

Apalagi diberitakan bahwa menu makanan yang ditemui sehari-hari di Jakarta diberitakan tidak cocok dengan lidahnya, sehingga nafsu makannya berkurang dan berat badannya menjadi turunHal ini membuat kondisinya dari hari ke hari semakin menurun.

"Apa yang dialami Briptu Norman menunjukkan kepada kita bahwa kita tetap perlu makan, minum dan istirahat yang cukup," ulas Ari Syam.

Ari, yang jug aktif di Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) itu menjelaskan, tubuh manusia ada batasnyaDiibaratkan sebagai mesin mobil, tubuh manusia pun perlu istirahatJika terus dipaksa untuk beraktifitas maka tubuh akan mengalami kelelahanDampak kelelahan ini adalah gangguan kesehatan secara umum, kambuhnya berbagai penyakit kronis dan menurunnya daya tahan tubuh seseoarang"Kelelahan serta stress yang tinggi juga akan sangat mengganggu proses metabolisme dan hormonal didalam tubuh kita," urainya.

Diterangkan Ari, kelelahan terjadi karena dipaksanya fisik dan mental Briptu Norman untuk bekerja secara terus menerus tanpa istirahat yang cukup"Selain itu kondisi lingkungan yang selalu menuntut beliau tersenyum dan meladeni permintaan penggemarnya untuk berfoto dan minta tanda tangan akan memperburuk kondisi kelelahan yang terjadi," imbuhnya.

Dampak kelelahan ini, lanjutnya, dapat berakibat serius bagi kesehatan seseorang apalagi tanpa disertai asupan makan yang cukupKelelahan berhubungan dengan berbagai gangguan kesehatan seperti gangguan sistim pencernaan, gangguan sistim jantung dan pembuluh darah termasuk pembuluh darah otak serta penurunan daya tahan tubuh"Ini terjadi pada Briptu NormanDia mengalami diare sehingga kondisinya bertambah menurun," terangnya.

Dijelaskan, gangguan pencernaan merupakan hal utama yang terjadi jika seseorang mengalami kelelahanKeluhan pencernaan yang timbul antara lain nafsu makan berkurang dimana hal ini akan memperparah kondisi fisik yang sedang mengalami kelelahan tersebut"Seseorang yang mengalami kelelahan juga akan mengalami mual bahkan muntah serta nyeri di uluhati," paparnya.

Mereka yang  mengalami  kelelahan, kata Ari Syam, sudah tidak berkonsentrasi dan tidak bisa bekerja dengan baik, selain itu emosinya  juga menjadi tinggi"Di sisi lain sebagai seorang enterteiner dadakan, jelas Briptu Norman diharapkan selalu tampil prima untuk memuaskan para penggemarnya," kata dokter yang akrab dengan kalangan jurnalis itu.

Dia juga mewanti-wanti agar Briptu Norman istirahatPasalny, berbagai penyakit kronis dapat menjadi kambuh jika seseorang mengalami kelelahan"Mudah-mudahan tidak ada permasalahan kesehatan kronis pada diri Briptu Norman sebelumnya," ujarnya berharap.

Diingatkan lagi, bahwa kelelahan fisik dan psikis juga akan memperburuk daya tahan tubuh seseorang yang mengalami kelelahan dan  akan mudah terkena infeksi virus seperti virus flu, mudah terjadi infeksi usus berupa diare, serta rentan terkena infeksi virus Hepatitis, Deman Thypoid dan virus demam berdarah.

"Perjalanan waktu telah membuktikan banyak artis yang meninggal dalam usia yang relatif muda karena memang mengalami sakit yang umumnya dicetuskan akibat istirahat dan makan yang tidak teratur," ulasnya.

Diingatkan dokter Ari, apabila sudah ditemukan adanya gangguan kesehatan seperti mual muntah dan sakit kepala serta nyeri dada, itu merupakan peringatan agar kita berhenti beraktifitas untuk mengobati gangguan kesehatan yang terjadi dan segera beristirahat"Kita berharap Briptu Norman tetap sehat dan tetap dapat menghibur masyarakat," katanya.

Kelelahan  yang tejadi pada Briptu Norman, lanjutnya, mengingatkan kita kembali penting untuk memperhatikan makan dan minum serta istirahat yang cukup"Kita harus selalu  ingat untuk  tetap mempertahankan jumlah tidur minimal 6 jam sehari, dimana ada kesempatan untuk beristirahat maka dianjurkan untuk beristirahatTetap memperhatikan waktu makan minimal tiap 6 jam, sebaiknya di sela waktu makan  ada makanan yang dikonsumsi terutama makanan yang sehat tidak mengandung coklat, keju, berlemak dan mengurangi goreng-gorengan," katanya membeberkan resep menjaga kebugaran tubuh.

Seperti sering disampaikan, kembali diingatkan bahwa minum air putih harus tetap dipertahankan sebanyak minimal dua liter per hariLebih banyak menkonsumsi buah dan sayur-sayuran"Diwaktu antara makan baik juga untuk selalu menkonsumsi buahMengurangi menghisap rokok, minuman bersoda, minum kopi jangan berlebih-lebihan maksimal dua gelas sehari-hari," imbuhnya

Praktisi kesehatan peduli Gaya Hidup Sehat itu juga mengingatkan, suplemen sebaiknya juga jangan berlebihan dikonsumsi dan sebaiknya juga dihindari minuman yang berkafein atau mengantung ginseng"Karena sebenarnya yang dibutuhkan tubuh saat itu adalah istirahatSelain itu olah raga yang teratur juga harus dilakukan secara rutin," terangnya.

"Dengan memperhatikan hal-hal ini dan mengantisipasi kemungkinan kelelahan yang terjadi serta dampak dari kelelahan tersebutMudah-mudahan mereka yang sedang dalam puncak ketenaran termasuk yang saat ini dialami Briptu Norman selalu dalam keadaan sehat," harapnya(sam/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Setahun, 61 Ribu Penderita TB Meninggal


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler