Mengenal Surindo yang Namanya Diabadikan di Lanud Iswahjudi Menurut Rekannya

Kamis, 16 Juni 2022 – 23:08 WIB
Ketua DPR Puan Maharani, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, serta putra Surindro Supjarso, yakni Muhammad Prananda Prabowo (Mas Nanan) dan Muhammad Rizky Pratama, saat peresmian Gedung Kapten Penerbang Surindro Supjarso di Lanud Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur, Kamis (16/6). Foto: DPP PDIP.

jpnn.com, MAGETAN - TNI AU memutar testimoni para rekan Surindro Supjarso di sela-sela peresmian gedung di area Lanud Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur, Kamis (16/6).

Peresmian gedung Kapten Penerbang (KPT PNB) Anumerta Surindro Supjarsoitu dipimpin Marsekal Fadjar Prasetyo.

BACA JUGA: Nama Surindro Supjarso Diabadikan untuk Gedung TNI AU, Ini Kata Mas Tatam dan Mas Nanan

Diketahui, Surindra merupakan pilot pesawat pengebom TU-16KS.

Surindro tercatat mengalami kecelakaan dan hilang di perairan Biak, Irian Jaya pada 1970 ketika memiloti Skyvan T-701.

BACA JUGA: DN Dibawa Anggota TNI AU ke Luar Bandara, Dirontgen, Hasilnya Bikin Kaget

Sugijanto, teman Surindro semasa dinas di militer mengatakan bahwa rekannya itu sosok yang pintar, rendah hati, dan mudah bergaul.

"Kadang-kadang kalau sama teman-teman mengajak makan, dahulu di belakang kantor, ada semacam warung kecil," ujar Sugijanto saat video testimoninya diputar di acara peresmian Gedung KPT PNB Anumerta Surindro Supjarso.

BACA JUGA: Marsekal Fadjar Tegaskan TNI AU Berhati-hati Menyiapkan Pengadaan Alutsista

Sugijanto juga menyebut sosok Surindro tidak pilih-pilih dalam pergaulan. Pria kelahiran Jakarta itu mau nimbrung bersama rekan-rekannya di militer untuk menyantap pecel.

"Jadi, di belakang gedung kantor kami itu ada yang berjualan jajanan semacam sego pecel dan makanan-makanan kecil. Suka nimbrung di situ," ungkap teknisi pesawat TU-16KS itu.

Sementara itu, Joko Subardi, teman Surindro lain semasa berdinas di militer menyebut rekannya itu orang yang hobi bermain basket.

"Waktu itu saya sangat dekat dengan beliau karena memiliki hobi yang sama, yaitu olahraga, di antaranya yang sering bersama-sama saya yaitu basket," ujar Joko dalam video testimoninya.

Selanjutnya, Rajimin teknisi pesawat TU-16KS sekaligus rekan Surindro menganggap temannya sosok yang ramah.

"Beliau itu ramah tamah dan baik sekali. Senang olahraga basket. Beliau baik sekali," ungkap dia.

Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani mendapat kesempatan menggunting pita tanda peresmian Gedung KPT PNB Anumerta Surindro Supjarso di area Lanud Iswahjudi.

Puan menggunting pita didampingi anak Surindro, yakni Mohammad Rizki Pratama serta Mohammad Prananda Prabowo.

Sejumlah politikus PDI Perjuangan juga terpantau hadir di acara peresmian Gedung KPT PNB Anumerta Surindro Supjarso, seperti Ahmad Basarah, Utut Adianto, Sadarestuwati, Tubagus Hasanuddin, Indah Kurnia, Johan Budi SP, Irene Roba, dan Puti Guntur Soekarno.

Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang berstatus istri Surindro juga memantau acara peresmian gedung secara daring. (ast/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kunjungi Lanud Iswahjudi, Puan dan KSAU Resmikan Gedung Surindro Supjarso


Redaktur : Fathan Sinaga
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler