Menhub Budi Karya Lepas Touring Puluhan Mobil Listrik dari Jakarta ke Bali, Lihat Tuh

Senin, 07 November 2022 – 14:30 WIB
Suasana pelepasan kegiatan touring kendaraan listrik Jakarta-Bali yang dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di kawasan Silang Monas Jakarta, pada Senin (7/11/2022). (Kemenhub)

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar acara touring kendaraan bermotor berbasis listrik Jakarta-Bali di silang Monas, Jakarta Pusat, Senin (7/11).

Kegiatan toruing tersebut dilakukan untuk mengampanyekan penggunaan mobil ramah lingkungan sekaligus mengenalkan kepada masyarakat.

BACA JUGA: Menhub Dorong Stakeholder Pelayaran Tingkatkan Efisiensi Biaya Logistik

Ini merupakan kegiatan kali kedua, setelah sebelumnya juga menggelar touring kendaraan listrik Jakarta-Jambi pada awal 2022.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan sekitar 20 unit kendaraan listrik akan melakukan perjalanan dari Jakarta menuju Bali.

BACA JUGA: Dewa Budjana Lelang Gitar Demi Penderita Kanker Payudara, Menhub Budi Karya Beri Dukungan

Dia berharap para peserta touring bisa menceritakan pengalamannya menggunakan kendaraan listrik kepada masyarakat.

"Apa manfaatnya, keuntungannya, dan bagaimana masa depannya, agar diceritakan apa adanya. Ini akan menarik minat masyarakat untuk mengenal kendaraan listrik,” kata Menhub.

BACA JUGA: Gibran Menghapus Anggaran Pengadaan Mobil Listrik: Lebih Baik untuk Membangun Pasar

Adapun kegiatan itu diikuti oleh berbagai produsen mobil di Indonesia seperti Toyota, Wuling, Hyundai, Nissan, Mitsubishi, Astra Honda Motor, Niu, Mitsubishi Fuso, Blue Bird, Grab, dan beberapa agen pemegang merek lainnya.

Touring itu akan menempuh jarak 1.250 km dengan rute Jakarta lalu ke Cirebon, Semarang, Solo, Surabaya, Jember, Banyuwangi hingga finis di Bali.

Menhub Budi juga menyampaikan apresiasi kepada sejumlah produsen otomotif, komunitas, pemerintah daerah, serta pihak terkait lainnya yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan touring ini.

Lebih lanjut, dua menyampaikan dalam mendukung penyelenggaraan KTT G20 di Bali, pemerintah menyiapkan angkutan massal berbasis listrik untuk mendukung mobilitas para delegasi dan peserta kegiatan G20.

Salah satunya yaitu menyediakan sebanyak 30 bus listrik buatan dalam negeri.

“Kami berkolaborasi dengan Diknas, universitas, serta asosiasi dan pelaku otomotif untuk membuat bus listrik,” Menhub Budi. (Antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Infrastruktur Pengisian Mobil Listrik Bakal Tersedia di Gedung-Gedung


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler