Menhub Enggan Mengundurkan Diri

Senin, 04 Oktober 2010 – 11:42 WIB
JAKARTA— Menteri Perhubungan Freddy Numberi tampaknya tidak akan mengundurkan diri dari jabatannyaHal ini menanggapi desakan banyak pihak agar dia mengundurkan diri menyusul kecelakaan kereta api di Pemalang yang menewaskan 34 penumpang

BACA JUGA: Nama Ito Muncul, SBY Serahkan Nama Sore Ini

Freedy Numberi juga menolak disalahkan atas insiden itu.

"Lho, kita lihat tataran kewenangannya dong
Kita inikan beda

BACA JUGA: Ito Sumardi Jadi Calon Kapolri Alternatif

Kalau di negara lain langsung pada Departemen Perhubungan
Sementara kita ini dipisahkan, operatornya di PT KAI dan kita hanya sebagai regulasinya," kata Freddy Numberi kepada wartawan aat ditemui di kantor Menko perekonomian, Jakarta, Selasa (4/10)

BACA JUGA: Warga Sekitar Stasiun Petarukan Gelar Tahlilan



Karena memiliki regulasi yang berbeda, kata Freedy Numberi maka pertanggungjawabannya haruslah sesuai dengan mekanisme yang adaYakni, melihat penyebab kesalahan terlebih dahulu untuk selanjutnya melakukan evaluasi menyeluruh.

"Apapun keputusannya, tentu ada yang menilai dan tentu ada sanksiIni harus kita ambil sesuai aturan Undang-UndangTapi pada prinsipnya, kita tunggu dulu hasil dari KNKT maupun Polri terhadap kasus tersebutKalau sekarang masinisnya ngantuk kok, secara logikanya gimana? (yang bertanggungjawab)," tegas Freddy.

Ditambahkannya, saat ini tim dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan tim dari Polri masih terus intensif mencari penyebab kecelakaanBila memang terbukti terjadi human error, tentunya akan ada sanksi yang menanti.

"Saya ambil contoh beberapa waktu lalu, sudah ada yang diambil melalui proses hukumAda yang dipenjara 1 tahun dan ada yang dipenjara 6 bulanKita tunggu dulu hasil KNKT dan PolriKita masih tunggu kesimpulannya secara menyeluruh," kata Freddy.(afz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Densus 88 Keler Rekan Teroris


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler