Menhut Targetkan Rekrut 20.000 Tenaga Penyuluh

Sabtu, 02 Juli 2011 – 06:46 WIB

BANGKALAN – Langkah demi langkah terus dilakukan Kementerian Kehutanan RI untuk merealisasikan seluruh pregram kerjanyaKemarin, di Bangkalan, Jawa Timur, Menteri Zulkifli Hasan mengungkapkan lagi bahwa pihaknya menargetkan merekrut 20.000 tenaga penyuluh bidang kehutanan hingga 2012.

"Tahun ini kita akan rekrut lima ribu tenaga penyuluh dan tahun depan kita akan rekrut lima belas ribu tenaga penyuluh," kata Zulkifli Hasan dalam sambutannya  pada acara penyerahan sertifikat pengelolaan hutan lestari hutan rakyat dan kebun bibit rayat di Desa Kombengan, Kecamatan Geger, Kabupaten Bangkalan, Jatim, Jumat (1/7).

Dia menjelaskan, saat ini Kementerian Kehutanan telah melakukan penghematan anggaran sebesar Rp 400 miliar

BACA JUGA: Enggan Spekulasi, MK Tunggu Polisi

Dimana anggaran yang dipangkas, yakni pembangunan yang bisa ditunda, program perjalanan dinas dan rapat di hotel
"Kita sudah menghemat anggaran Rp 400 miliar, dan dana tersebut bisa menyerap tenaga kerja agar tidak menjadi TKI atau TKW," ucapnya.

Semua ini, kata mantan Sekjen PAN ini, dilakukan dalam rangka mengoptimalkan kinerja pemerintah, dalam upaya melakukan penghijauan dan menjaga kelestarian hutan di Indonesia.

Dengan direkrutnya tenaga penyuluh,  pihaknya bisa menanamkan budaya sadar menanam bibit pohon terhadap masyarakat

BACA JUGA: Marissa Haque Mengadu ke MK

Sehingga program penghijauan yang dicanangkan pemerintah bisa tercapai


Ia juga menjelaskan, peran sektor kehutanan dalam menampung para TKI sangat luas, dan tidak memerlukan keterampilan atau keahlian khusus

BACA JUGA: BPJS Ketok Palu Sebelum Reses

Sebab, setiap dua hektare nantinya mampu menyerap satu tenaga kerja

Sehingga jika pengelolaan hutan ditingkatkan dan bisa dilestarikan, ia yakin penyerapan tenaga kerja akan lebih banyak"Pemerintah juga akan mengembangkan industri pohonIni merupakan solusi untuk mengatasi pengangguran," ujarnya.

Acara penyerahan sertifikat pengelolaan hutan lestari hutan rakyat dan kebun bibit rakyat di Desa Kombengan, Kecamatan Geger, Bangkalan, itu dihadiri para tokoh masyarakat dan kelompok tani di wilayah itu.

Wakil Bupati Bangkalan KH Syafik Rofii, serta Direktur Utama Perhutani, Haryono, serta jajaran Muspida di lingkungan Pemkab Bangkalan juga hadir dalam acara tersebut(max)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mantan Wako Siantar Bantah Teken Sebuah Dokumen


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler