Menkes Jamin Pengobatan Gratis Tetap Jalan

Ikut Aturan UU BPJS Saja

Senin, 14 Juni 2010 – 19:12 WIB
JAKARTA - Sorotan tajam anggota Komisi IX DPR RI, terhadap sikap Menkes Endang Rahayu Sedyaningsih yang dipandang mendua mengenai pelaksanaan program Jamkesmas, ditanggapi lugas oleh perempuan berambut pendek ituMenurut dia, program Jamkesmas tetap jalan dan tetap melayani pengobatan gratis.

"Saya jamin program Jamkesmas tetap akan kita pertahankan

BACA JUGA: Perempuan Punya Peran Strategis Atasi Kemiskinan

Prinsip gotong-royong pun akan tetap kita laksanakan
Di mana yang mampu bisa memberikan bantuan bagi golongan masyarakat tidak mampu," tutur Menkes, dalam raker dengan Komisi IX DPR RI, Senin (14/6).

Endang menambahkan, bahwa ia akan mengikuti semua aturan yang tertera dalam UU BPJS

BACA JUGA: Perumnas Diminta Fokus ke MBR

"Saya akan patuh dengan UU BPJS
Kalaupun ada aturan yang saya keluarkan saat ini, pemberlakuannya hanya sementara, sembari menunggu RUU BPJS disahkan," katanya.

Hanya saja, beberapa legislator, antara lain pimpinan Komisi IX Ribka Tanjung, anggota Vanda Sarundajang, serta Surya Chandra, meragukan janji Menkes

BACA JUGA: Dilantik, Ketua LIPI yang Baru

Sebab, sampai saat ini pelaksanaan Jamkesmas di lapangan banyak yang tidak mendapatkan pengobatan gratisPasien kurang mampu tetap dimintakan uang, dengan alasan obatnya tidak masuk dalam daftar.

"Contohnya di daerah sayaAda yang sakit karena digigit anjing, begitu dirawat di rumah sakit, dia dimintakan uang Rp 400 ribuPadahal (dia) orang tidak punya dan peserta Jamkesmas lagiIni bagaimana? Katanya gratis," kritik Vanda, politisi PDIP dari Dapil Sulut.

Senada dengan itu, Ribka mengaku sering mendapat keluhan dari masyarakat kalau Jamkesmas tidak jalanItulah sebabnya dia meminta Menkes agar jangan hanya memberikan janji-janji.

Terhadap masalah tersebut, Menkes mengakui hal itu masih terjadiKarenanya, dia mengatakan akan berupaya melakukan perubahan, terutama di sisi regulasi, sistem pelayanan kesehatan di rumah sakit, dll"Akan kita benahi lagi sistemMushia team nya, memang butuh waktu, tapi saya tegaskan, semua orang yang tidak mampu wajib dapat pengobatan gratis tanpa terkecuali," terangnya(esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemda Diminta Permudah Izin Bangun Perumahan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler