Menkes Siap Melakukan Reformasi Sistem Kesehatan, Begini

Selasa, 31 Agustus 2021 – 12:34 WIB
Ilustrasi - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin siap melakukan transformasi sistem kesehatan di tengah ancaman pandemi COVID-19.

Menurutnya, salah satu kunci utama bagi Indonesia untuk menghadapi pandemi adalah reformasi sistem pelayanan kesehatan.

BACA JUGA: Pemerintah dan DPR Jangan Redam Kritikan Masyarakat

"Tugas kami adalah melakukan transformasi besar dalam sistem pelayanan kesehatan Indonesia."

"Presiden mengatakan kepada saya, krisis global ini sekarang dimulai dengan sistem kesehatan."

BACA JUGA: Pesangon Wamen Rp 580 Juta, Sudah Diteken Presiden Jokowi

"Jadi, ini adalah waktu terbaik bagi kami untuk melakukan transformasi besar dan reformasi layanan kesehatan," ujar Menkes Budi.

Menurut Menteri Budi, dalam transformasi tersebut termasuk reformasi layanan kesehatan primer, lalu diikuti dengan layanan kesehatan sekunder.

BACA JUGA: Kinerja Kapolri dan Panglima TNI Efektif Tekan Penyebaran COVID-19

Dia mencontohkan pasien anak-anak dengan diabetes.

Menkes berharap, layanan kesehatan primer dan sekunder bisa memberikan rasa aman dan perawatan terbaik bagi pasien terutama anak-anak.

"Bagi pasien yang tidak dirawat di rumah sakit, mereka dapat hidup bahagia di rumah dengan mendapatkan perawatan terbaik yang dapat mereka lakukan sendiri di rumah."

"Mereka bisa hidup dengan normal meski telah didiagnosis dengan diabetes," ujarnya.

Lebih lanjut adalah sistem ketahanan layanan kesehatan, pendanaan atau pembiayaan, sumber daya manusia di bidang kesehatan, serta reformasi teknologi kesehatan yang meliputi teknologi informasi dan biotek kesehatan.

Di sisi sistem ketahanan pelayanan kesehatan, Menkes Budi mengatakan penting bagi Indonesia untuk memiliki fasilitas produksi sendiri.

"Kita menyadari, sebagai negara terpadat nomor empat di dunia, selama pandemi ini, tidak bisa membiarkan fasilitas produksi tidak ada di negara kita."

"Di masa pandemi seperti ini, dengan adanya pembatasan dan lockdown, tentu akan sangat sulit bagi sistem kesehatan kita jika tidak memiliki fasilitas produksi sendiri," katanya.

Menteri yang sebelumnya merupakan Wakil Menteri BUMN (2019-2020) tersebut mengatakan pemerintah juga memberikan dukungan bagi perusahaan yang berkomitmen untuk membangun fasilitas produksi di Indonesia.

"Semua dukungan dari pemerintah akan diberikan kepada perusahaan yang berkomitmen untuk mendukung sistem ketahanan kesehatan Indonesia dengan membangun kapasitas produksi."

"Kita perlu membangun ketahanan dalam sistem perawatan kesehatan."

"Ini bukan hanya untuk persiapan menghadapi pandemi ini, tetapi juga untuk anak-anak kita agar siap menghadapi (krisis, pandemi) berikutnya, sehingga juga untuk anak-anak dari anak-anak kita nantinya," pungkas Budi Gunadi. (Antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler