Menkes Terkejut Lihat Penderita GBS

Minggu, 31 Juli 2011 – 17:51 WIB
Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih saat berdialog dengan orang tua Azka dan Shafa di RS Azra Bogor, Minggu (31/7). afni/jpnn

BOGOR - Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih mengaku terkejut saat melihat kondisi Shafa Azalia (4), penderita Gullain Barré Syndrome (GBS) penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuhMeski Shafa sudah hampir 1 tahun menjadi penghuni Rs Carolus Jakarta, namun Endang tak pernah dilapori

BACA JUGA: Lakukan Sweeping, Ormas Diancam Pidana



Endang mengatakan baru mengetahui kondisi Shafa setelah menerima SMS dari Zulkarnain, ayah Shafa
Selama hampir setahun pula, Zulkarnain harus berhutang hingga Rp 300 juta untuk mempertahankan ventilator putri bungsunya

BACA JUGA: Awal Puasa Berpeluang Serentak

Pegawai sebuah perusahaan asuransi di Jakarta ini, secara khusus datang ke Bogor karena mengetahui ada kunjungan Menkes Endang menjenguk Azka.

‘’Sudah hampir setahun Buk Menteri, anak saya hidup hanya dengan ventilator
Saya berhutang Rp300 juta dan sudah menghabiskan biaya Rp 300 juta lebih

BACA JUGA: Polri Yakin Interpol segera Pulangkan Nazaruddin

Kami mohon buk, jenguklah Shafa anak kami di Jakarta,’’ kata Zulkarnain saat bertemu Endang di Rumah Sakit Azra Bogor, Minggu (31/7).

Tak cukup dengan mengadu, Zulkarnain juga menunjukkan foto-foto kondisi Shafa kepada EndangFoto-foto Shafa dengan menggunakan ventilator melalui leher yang dilubangi‘’Ini sudah lebih 6 bulan menggunakan ventilator?,’’ spontan Endang menanggapi foto SHifa yang ditunjukkan Zulkarnain

Endang lantas meminta konfirmasi dari salah seorang bawahannyaBegitu mendapat informasi mengenai Shafa yang selama ini memang tidak pernah terekspos media, Endang pun mengaku prihatin.

‘’Insy Allah saya akan menjenguk Shafa besok (Senin,1/7) ke CarolusKita akan coba berikan yang terbaikMemang agak susah karena negara tidak bisa menanggung seluruh biaya, tapi kita akan lihat langsung apa sekiranya yang bisa kita lakukan untuk pasien GBS,’’ kata Endang.

Sebelumnya Endang menjenguk Azka yang juga divonis mengidap penyakit GBSIa langsung mengumumkan secara resmi Gullain Barré Syndrome (GBS) termasuk salah satu penyakit langka yang harus diwaspadai di IndonesiaPenderitanya hanya ada 1:100.000 dan memang tidak bisa dipastikan kapan pasien akan sembuhSementara biaya obat-obatan GBS memang mahal dikarenakan masih menggunakan satu-satunya obat impor.

JPNN sempat mengunjungi Shafa beberapa kaliMeski secara umum fisiknya sehat, namun Shafa hanya bisa bernafas menggunakan ventilatorGBS membuat otot paru-paru Shafa tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinyaKarena sudah terlalu lama di RS, Shafa bahkan mendapat gelar ‘Ibu Camat’ dari para suster dan dokter.(afz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Chandra Cs Dijegal Istana?


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler